Polres Malang Tingkatkan Patroli Cegah Balap Liar
Petugas Polres Malang pada saat melakukan patroli untuk mengantisipasi aksi balap liar di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. (ANTARA/HO-Humas Polres Malang)

Bagikan:

MALANG - Polres Malang meningkatkan patroli di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, sebagai upaya mencegah aksi balap liar dan mengantisipasi gangguan kriminalitas di wilayah tersebut.

Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik mengatakan langkah untuk meningkatkan patroli petugas kepolisian dalam skala besar tersebut merupakan tindak lanjut dari adanya keluhan masyarakat terkait balap liar.

"Patroli dilakukan guna menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait maraknya balapan liar dan sebagai antisipasi gangguan kriminalitas. Kami akan meningkatkan patroli skala besar," kata Taufik di Kabupaten Malang dilansir ANTARA, Senin, 20 Februari.

Dia menjelaskan peningkatan patroli skala besar yang dilakukan oleh Polres Malang tersebut dilakukan khususnya mendekati bulan Ramadhan. Langkah tersebut menjadi upaya persiapan menghadapi bulan Ramadhan guna mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibnas).

Menurut dia, langkah untuk menggelar patroli skala besar itu merupakan tindak lanjut dari keluhan masyarakat yang disampaikan dalam program Jumat Curhat Polres Malang. Masyarakat merasa resah karena aksi balap liar yang mengganggu dan membahayakan.

"Ada sejumlah warga yang mengeluhkan banyak remaja kerap melakukan balap liar, mengganggu aktivitas baik dari aspek keselamatan maupun keamanan. Kami tindak lanjuti dengan pelaksanaan patroli skala besar," imbuhnya.

Sebelumnya, Sabtu (18/2), personel Polres Malang telah melakukan patroli skala besar pada sejumlah titik yang ditengarai menjadi tempat aksi balap liar. Puluhan personel Polres Malang diterjunkan dalam operasi tersebut.

"Sabtu kemarin, sebanyak 50 personel dan sembilan kendaraan dilibatkan dalam patroli skala besar sebagai antisipasi balap liar dan gangguan kriminalitas malam hari," katanya.

Sejumlah titik yang menjadi sasaran patroli tersebut di antaranya di depan Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, dan Jalan Lingkar Barat (Jalibar). Ada sejumlah kendaraan yang diduga akan dipakai untuk aksi balap liar pada sejumlah titik tersebut.

"Beberapa kendaraan yang diduga akan melakukan kebut-kebutan dilakukan pemeriksaan oleh petugas. Selain berkeliling melakukan patroli, petugas juga menghampiri pemuda yang bergerombol dan memberikan imbauan," ujarnya.

Dalam patroli gabungan tersebut, petugas Polres Malang tidak melakukan tilang terhadap kendaraan. Namun, bagi sejumlah kendaraan yang dicurigai, dilakukan pemeriksaan dan diminta untuk segera meninggalkan lokasi.