Kapolda Metro Sebut Lokasi ini Rawan Tawuran dan Balap Liar di Jaksel
Pertemuan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dengan RW se-Jakarta (Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran membeber sejumlah lokasi di Jakarta Selatan yang rawan terjadi tawuran dan balap liar oleh para remaja.

Hal ini diungkapkan dalam acara Guyub Ketua Rukun Warga (RW) se-Jakarta Selatan bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto.

"Kalau bicara soal Jakarta Selatan, ini ada beberapa kasus yang perlu kita sikapi bersama supaya kita bisa respona dengan baik. Ada kenakalan remaja, apa aja itu? Ya tawuran, ya nongkrong-nongkrong, ya balap liar," kata Fadil di Bellagio Boutique Mall, Jakarta Selatan, Minggu, 5 Februari.

Fadil pun meminta hadirin melihat lokasi rawan tawuran yang ia paparkan. Menurut dia, pertikaian antarwarga ini terjadi sekitar pukul 00.00 sampai 04.00 WIB. "Ada lokasi tawuran. Camat, lurah, babinsa, bhabinkamtibmas, silakan dilihat," lanjutnya.

Berikut adalah daftar lokasi rawan tawuran di Jakarta Selatan yang dipaparkan Fadil:

1. Tebet: Jalan Bukit Duri, Jalan Manggis 1

2. Setiabudi: Jalan Bukit Tanggul, Jalan Pariaman

3. Mampang: Jalan Mampang Prapatan

4. Kebayoran Baru: Jalan Tendean, Jalan Brawijaya Pulo

5. Kebayoran Lama: traffic light PPC Pondok Pinang

6. Pesanggrahan: Jalan Pahlawan Bintaro

7. Pancoran: Empang Tiga, Jalan Kalibata Timur Raya

8. Pasar Minggu: putaran eks pintu kereta Pertanian III

9. Jagakarsa: Jalan Lenteng Agung Raya

10. Cilandak: Jalan Terogong Raya

Fadil mencontohkan salah satu lokasi yang paling sering terjadi tawuran, yakni di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan. Ia bercerita, saat menemui ketua RW di sana, mereka mengaku bahwa tawuran di Manggarai sudah terjadi sejak lama.

"Saya kemarin ketemu beberapa RW di Manggarai. Dia sudah kesal hatinya. Kalau kata orang Betawi sudah ampek karena sering sekali dicap sebagai kampung tawuran," ujar dia.

Selain itu, Fadil juga menjabarkan lokasi-lokasi di Jakarta Selatan yang kerap dijadikan sebagai arena balap liar. Berikut daftarnya:

1. Setiabudi: Jalan Prof. Dr. Satrio

2. Kebayoran Baru: Jalan Pangeran Antasari

3. Kebayoran Lama: Flyover Permata Hijau

4. Pancoran: Warung Buncit Raya

5. Jagakarsa: Gang 100, Lenteng Agung

6. Cilandak: JLNT Antasari, Jalan TB Simatupang

Atas dasar itulah, Fadil mengaku dirinya menginisiasi kegiatan street race yang memfasilitasi pegiat balap motor agar tidak melakukan balap liar.

"Ini masih banyak. Ini realitas. Saya sudah buat street race untuk fasilitasi. Karena ini semua anak-anak kita semua yang balapan," imbuhnya.