Polisi Minta Warga Madiun Tak Panik Isu Penculikan Anak
ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

MADIUN - Kepolisan Resor Madiun Kota, Jawa Timur, meminta warga di wilayah setempat agar tidak panik dengan maraknya isu penculikan anak yang kini viral di media sosial hingga menimbulkan ketakutan dan kecurigaan berlebihan.

Kapolres Madiun Kota AKBP Suryono di Madiun, Sabtu, berharap masyarakat lebih bijak menanggapi berita-berita atau informasi yang beredar di media sosial.

"Kami minta agar masyarakat tidak mudah percaya dengan isu-isu yang belum jelas kebenarannya. Dari hasil pengecekan, beberapa informasi tersebut telah diketahui hoaks alias berita palsu," ujar Suryono.

Dia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, namun jangan resah yang berlebihan karena sejumlah informasi tersebut hanyalah berita bohong setelah dilakukan penelusuran.

"Jangan mudah percaya dengan pemberitaan-pemberitaan seperti itu, apalagi dari sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

Suryono menambahkan pihaknya bersama jajaran sudah melakukan sejumlah upaya antisipasi. Salah satunya dengan meningkatkan patroli di lingkungan masyarakat, baik di tingkat polres maupun polsek.

Kapolres juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya menciptakan keamanan di Kota Madiun.

"Jika ada orang yang dicurigai segera melaporkan ke kepolisian terdekat. Bisa menggunakan call center 110 maupun nomor HP Lapor Pak Kapolres di 081133394488," katanya.

Suryono juga mengimbau orang tua agar sang anak tidak menggunakan perhiasan berlebihan ataupun barang mewah yang mencolok. Hal itu dikhawatirkan dapat mengundang tindak kejahatan.

Orang tua, lanjut Kapolres, juga harus memberikan pemahaman kepada anak-anaknya terkait bagaimana bersikap dengan orang yang tidak dikenal.

"Kewaspadaan ini juga harus ditanamkan kepada anak-anak. Paling tidak anak-anak berani untuk menolak ajakan, rayuan, atau iming-iming dari orang asing tersebut," kata dia.