Ribuan Anggota Korpri Bersih-bersih, Kumpulkan 26 Ton Sampah di Pantai Jerman Kuta
Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa saat memimpin pelaksanaan kegiatan bersih-bersih di Pantai Jerman, Kecamatan Kuta, Badung. ANTARA/HO-Pemkab Badung

Bagikan:

BADUNG - Sekitar 2.000 anggota Korpri Kabupaten Badung, Bali berhasil mengumpulkan sampah pantai seberat 26 ton dalam kegiatan bersih sampah di Pantai Jerman, Kecamatan Kuta.

"Dalam kegiatan bersih-bersih pantai ini telah mengumpulkan sampah sebanyak 13 truk sampah, di mana satu truk dapat menampung dua ton sampah. Jadi kalau ditotal sebanyak 26 ton sampah berhasil dikumpulkan di Pantai Jerman," ujar Sekretaris Korpri Kabupaten Badung I Wayan Wijana dilansir ANTARA, Sabtu, 4 Februari.

Kegiatan bersih-bersih di sepanjang Pantai Kuta khususnya di Pantai Jerman itu dilakukan dalam rangka memperingati HUT Ke-51 Korpri.

Kegiatan peduli lingkungan itu juga dilakukan dalam upaya meningkatkan kebersamaan seluruh anggota Korpri Kabupaten Badung serta ikut mempromosikan ikon baru Badung yaitu Pantai Jerman.

Wayan Wijana mengatakan ada hal unik yang ditemukan dalam kegiatan bersih-bersih pantai tersebut, yaitu sampah yang ditemukan ada topi SMP salah satu sekolah yang berasal dari Jawa Timur.

"Ini membuktikan bahwa sampah ini juga berasal dari luar Pulau Bali," kata dia.

Sekretaris Daerah Kabupaten Badung selaku Ketua Dewan Pengurus Korpri Badung I Wayan Adi Arnawa berharap aksi peduli lingkungan yang dilakukan jajaran Korpri itu dapat membuat pantai menjadi bersih.

"Karena bagaimana pun juga pantai merupakan salah satu objek pariwisata di Badung. Mudah-mudahan dengan langkah ini setidaknya membantu petugas-petugas kebersihan yang tergabung dalam DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan), sehingga harapan kita akan tetap terjaga kebersihan di sepanjang pantai," kata dia.

Dia juga mendorong kegiatan bersih-bersih pantai itu dapat dilaksanakan secara berkala sekaligus untuk mempromosikan beberapa tempat-tempat wisata yang baru.

Menurutnya, upaya itu salah satu bagian dari komitmen dan langkah pemerintah untuk mempercantik kawasan pantai dan mendorong wisatawan agar datang ke Bali, khususnya Kabupaten Badung

"Saya sudah perintahkan Sekretaris Korpri untuk secara berkala, seperti tiga bulan sekali dapat melaksanakan kegiatan seperti ini sambil kami mempromosikan tempat-tempat baru, terutama ada penambahan beberapa tempat-tempat yang baru termasuk penataan kawasan Pantai Seminyak, Legian, Kuta (Samigita)," kata Sekda I Wayan Adi Arnawa.