Negara Hadir di Banda Aceh, Anak-anak Dapat Pendidikan Dini Gratis
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pemkot Banda Aceh melaksanakan program gratis biaya pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk anak-anak pemulung di kawasan Gampong (desa) Jawa Kecamatan Kutaraja.

"Pemerintah harus hadir, PAUD kita datangkan ke sini, dan semua biaya disubsidi oleh Pemerintah Banda Aceh," kata Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq, di Banda Aceh, Jumat 20 Januari.

Bakri Siddiq berkesempatan menyemangati masyarakat dan anak-anak di Gampong Jawa untuk bersekolah serta memberikan bantuan sembako kepada warga setempat.

Masyarakat di Gampong Jawa tersebut berada dalam tingkatan ekonomi yang cukup sederhana (fakir miskin). Di mana mayoritas penduduk di sana sehari-hari bekerja sebagai pemulung.

Kata Bakri, jangan untuk menyekolahkan anak ke jenjang lebih tinggi, tingkat biaya untuk sekolah PAUD saja mereka kewalahan. Apalagi melengkapi kebutuhan pendidikan lainnya.

"Tidak ada fasilitas sekolah juga di sini, maka dari itu kita Pemerintah Banda Aceh hadir supaya semua anak-anak mendapatkan pendidikan yang layak," kata dia dikutip dari Antara.

Dalam program ini, kata Bakri, nantinya sekitar 120 anak berusia di bawah enam tahun bakal mendapatkan beasiswa sekolah PAUD, serta juga diberikan kebutuhan seperti seragam hingga alat belajar.

"Pemerintah terus hadir untuk meningkatkan SDM para anak-anak disini, Nantinya kita manfaat kantor keuchik dan mendatangkan guru PAUD, sehingga mereka bisa semangat belajar," kata Bakri Siddiq.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Banda Aceh, Sulaiman Bakri menjelaskan bahwa program tersebut hanya berlaku untuk anak berusia di bawah enam tahun atau PAUD saja. Sedangkan setelahnya masuk pada program beasiswa lainnya.

Untuk tingkatan SD dan SMP, kata Sulaiman, nantinya mereka akan masuk Program Indonesia Pintar (PIP), dan semua biaya pendidikan juga digratiskan untuk anak-anak kurang mampu

"Harapan kami pendidikan anak-anak di Gampong Jawa ini benar-benar semakin meningkat," kata Sulaiman.

Dalam kesempatan ini, Keuchik (Kepala Desa) Gampong Jawa Mukhlis Tu Padang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Banda Aceh terhadap kepedulian meningkatkan mutu pendidikan anak-anak kurang mampu di daerahnya.

"Masyarakat di sini kurang mampu, kami mendukung penuh program ini dan semoga pendidikan anak-anak di Gampong Jawa ini meningkat lebih baik ke depannya," demikian Mukhlis Tu Padang.