Polres Singkawang Kalbar Bentuk Tim Khusus Bubarkan Massa Berkerumun di Malam Tahun Baru
Jumpa pers Polres Singkawang Kalbar soal malam tahun baru (ANTARA)

Bagikan:

PONTIANAK - Polres Singkawang, Kalimantan Barat, membentuk tim khusus untuk membubarkan massa yang membuat keramaian pada malam Tahun Baru 2021.

"Kita telah menyusun rencana untuk melakukan pola pengamanan dalam rangka menyambut malam pergantian tahun 2020 ke 2021. Dalam pengamanan itu kami juga dibantu oleh unsur TNI dan pemangku kepentingan lainnya," kata Kapolres Singkawang AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo, dikutip Antara, Senin, 28 Desember.

Pihaknya juga akan menerapkan rekayasa lalu lintas terkait malam pergantian tahun. Prasetiyo menjelaskan tujuan melakukan rekayasa lalu lintas adalah untuk menjaga Kota Singkawang agar tetap aman. 

"Kami mohon maaf bilamana ada sedikit ketidaknyamanan bagi seluruh masyarakat Kota Singkawang ketika rekayasa lalu lintas ini kami terapkan," ujarnya.

"Kami tidak mau gara-gara banyak pengunjung dari luar daerah datang lalu melakukan kegiatan yang dapat mengumpulkan banyak orang atau kerumunan yang kiranya dapat berpotensi menimbulkan klaster baru penyebaran COVID-19," katanya.

Polres Singkawang sudah menyiapkan tiga tim khusus yang bertugas khusus melakukan pembubaran kegiatan dalam bentuk apapun dan di manapun, yang dilakukan untuk merayakan malam pergantian tahun.

"Kami tidak akan segan-segan dan ragu untuk membubarkan karena maklumat bapak Kapolri sudah jelas ditambah Wali Kota Singkawang juga sudah membuat Surat Edaran dan membatasi jam operasional baik kepada pelaku usaha warung kopi, kafe, restoran, rumah makan maupun penyedia jasa lainnya," katanya.

Saat waktu sudah menunjukkan pukul 23.00 WIB, diharapkan sudah tidak ada lagi kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa. "Kami juga mohon maaf, apabila masih ada kegiatan di atas pukul 23.00 WIB, maka bakal kami bubarkan," katanya.

Bila ada masyarakat yang tidak mau menuruti perintahnya untuk segera membubarkan diri dan kembali ke rumah, polisi mengambil tindakan hukum.

"Terlebih saya bersama ibu wali kota dan Dandim Singkawang sudah sepakat dengan memegang prinsip yang sama yaitu keselamatan rakyat adalah hukum yang tertinggi," katanya.