Warga Jabar, Diajak Gubernur Ridwan Kamil Beli Produk Lokal untuk Cegah Resesi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak semua warga belanja produk lokal dan selalu optimis dalam menghadapi beragam tantangan di 2023, termasuk ancaman resesi.

"Yang penting beli barang-barang dalam negeri. Kalau kita tergantung pada impor, dinamika di luar kita enggak bisa kontrol, itu yang jadi masalah resesi," kata Ridwan Kamil, di Kota Bandung, Kamis 12 Januari.

Gubernur Ridwan Kamil meyakini Indonesia khususnya Jawa Barat terhindar dari resesi yang diisukan datang tahun ini.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Gubernur berpesan kepada masyarakat agar belanja produk lokal serta mengunjungi objek wisata lokal.

Sebab semakin tinggi tingkat belanja masyarakat di pasar lokal, maka roda perekonomian akan bergerak dan menggeliat kembali.

"Jadi jangan menahan belanja. Sok (silakan) belanja seperti biasa supaya bergerak (ekonominya), kateringnya, UMKM-nya toko-tokonya, tapi fokuskan barang dalam negeri," tambahnya.

Mengenai inflasi di Jawa Barat, menurut Gubernur masih tumbuh dengan positif, kesenjangan dengan angka inflasi pun tidak terlalu jauh. Artinya kenaikan harga masih terkendali dan terjaga.

"Inflasi masih terjaga, kita kan ada sistem monitoring inflasi khsusnya harga sembako," katanya.