H-2 Tahun 2023, Arus Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Ramai
Calon penumpang penerbangan mengantre di counter check in atau pemeriksaan tiket di Terminal 3A Bandara Soetta, Tangerang. (ANTARA/Azmi Samsul Maarif)

Bagikan:

JAKARTA - Arus pergerakan penumpang penerbangan melalui terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, masih terpantau ramai pada H-2 masa libur perayaan Tahun Baru 2023.

Pantauan ANTARA, sekitar pukul 18.16 WIB, para penumpang libur akhir tahun terlihat memadati terminal 3A keberangkatan. Antrean panjang para calon penumpang yang menggunakan transportasi udara pun terjadi pada counter check in atau pemeriksaan tiket internasional.

Salah satu calon penumpang asal Jakarta, Dinda (29) menuturkan, bahwa dirinya memilih lebih awal melakukan keberangkatan untuk menghindari terjadinya penumpukan di Bandara.

Dirinya akan melakukan pemberangkatan penerbangan menuju Malaysia untuk berlibur selama libur akhir tahun ini.

"Ya, saya mau berlibur bersama keluarga, sekarang lagi antre untuk pemeriksaan tiket penerbangan. Kebetulan saya tujuan mau ke Malaysia," kata dia, Jumat, 30 Desember.

Berdasarkan data yang diperoleh, pada H-2 arus pergerakan libur tahun baru tercatat sebanyak 112.056 penumpang. Dari angka tersebut diperkirakan hingga malam ini akan bertambah hingga 115 lebih penumpang penerbangan dengan melalui Bandara Soetta.

Kemudian, ratusan ribu pergerakan penumpang itu terdiri dari penerbangan domestik dan internasional, yang dimana terjadi 948 pergerakan pesawat penerbangan.

Manajer Branch Communications & Legal Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Holik Muard, mengatakan bahwa jika jumlah penumpang tersebut gabungan dari total perjalanan domestik dan internasional.

Untuk data kedatangan menjelang perayaan akhir tahun baru ini diketahui ada sebanyak 55.738 penumpang dan keberangkatan 56.318 penumpang.

"Sementara untuk kedatangan ada 55.738 penumpang dan keberangkatan sebanyak 56.318 penumpang," tuturnya.

Kendati demikian, lanjut dia, pergerakan penumpang di Terminal 1 terdapat 180 penerbangan dengan 20.889 penumpang, kemudian, di Terminal 2 terdapat 347 penerbangan dan pergerakan sebanyak 32.676 penumpang.

Selanjutnya, untuk di Terminal 3, terdapat 58.491 penumpang dan 421 penerbangan baik domestik maupun internasional.

"Terminal 3, terdapat 58.491 penumpang dan 421 penerbangan," ungkap dia.