Dishub Kaltim Gelar Inspeksi Keselamatan Angkutan Sungai Jelang Libur Natal-Tahun Baru
Sejumlah petugas Dishub Kaltim melaluian Inspeksi keselamatan angkutan Sungai dan Danau tersebut di Dermaga Sungai Kunjang, Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu.(20/12-2022) (ANTARA/HO-Diskominfo Kaltim)

Bagikan:

SAMARINDA - Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan inspeksi keselamatan terhadap sejumlah angkutan sungai dan danau yang melayani perjalanan lintas kabupaten dan kota di Kaltim menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

Inspeksi keselamatan angkutan sungai dan danau tersebut dilakukan secara terpadu di Dermaga Mahakam Hulu atau Dermaga Sungai Kunjang, Samarinda, Kalimantan Timur, dilansir ANTARA, Rabu, 21 Desember.

Kepala Bidang Pelayaran Dishub Kaltim Ahmad Maslihuddin memimpin inspeksi didampingi Kepala Bidang Keselamatan Dishub Kota Samarinda Harry Prabowo, BPTD Wilayah XVII Kaltim-Kaltara dan Satuan Kepolisian Perairan dan Udara Resor Kota Samarinda.

Ahmad Maslihuddin mengatakan inspeksi dilakukan terhadap tiga kapal motor ( KM) yaitu KM Barokah 08, KM Akbar Amanda 04 dan KM Putra Mahakam Indah 2 dengan tujuan Melak, Muara Pahu dan Long Bagun, Kutai Barat.

“Kegiatan ramp check (inspeksi keselamatan) ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka inspeksi keselamatan khususnya pada masa menjelang hari raya besar seperti menjelang penyelenggaraan angkutan Lebaran dan angkutan Natal dan Tahun Baru.” kata dia.

Menjelang Natal dan Tahun Baru jumlah penumpang kapal lintas sungai di Kaltim juga mengalami lonjakan, sehingga perlu adanya kontrol dan pengecekan untuk memastikan angkutan sungai tersebut aman bagi para penumpang.

"Kapasitas angkut kapal maksimal diisi oleh penumpang, kendaraan dan barang penumpang," jelasnya.

Setiap hari jadwal kapal yang berangkat dari Dermaga Mahakam Hulu Sungai Kunjang hanya tiga kapal dengan tujuan Melak, Muara Pahu, dan Long Bagun.

"Inspeksi keselamatan ini dilakukan untuk memastikan kapal yang melayani penumpang dari sisi administrasi dokumen-dokumen kapal sudah terpenuhi, sisi teknis kapal tidak mengalami kerusakan dan juga untuk memastikan penumpang dapat terangkut sehingga tidak ada penumpukan penumpang," imbuhnya

Perkembangan situasi H-5 Natal 2022, Dermaga Mahakam Ulu terpantau ramai penumpang namun tetap kondusif dan aman.

Kegiatan inspeksi ini dalam rangka memastikan kelaikan kapal dalam berlayar baik dari administrasi atau dokumen kapal maupun teknis fisik kapal.

Dia berharap semua penumpang yang akan menjalani mudik pada acara penutup tahun, dapat dilayani dengan baik dan tidak terjadi penumpukan penumpang di dermaga.