Jadi Panglima TNI Kurang dari Setahun, Yudo Margono: Semua Sudah Tahu, Tidak Perlu Dipikir
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Bagikan:

JAKARTA - Laksamana TNI Yudo Margono siap bekerja maksimal sebagai Panglima TNI, meski umur jabatannya hanya sekitar satu tahun.

"Saya dari dulu tidak pernah berpikir (masa jabatan), yang penting tugas saya kerjakan dengan maksimal, dengan optimal. Tidak berpikir nanti hanya setahun, mau berapa bulan dan sebagainya, tidak perlu dipikir," kata Yudo usai Sertijab Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa 20 Desember.

Menurut dia, tugasnya sebagai pucuk pimpinan TNI tidak akan selesai jika hanya memikirkan soal masa jabatan. Yudo meminta hal itu tidak dipersoalkan.

Kata Yudo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pasti memiliki pertimbangan saat menunjuk dirinya sebagai Panglima TNI. Menurutnya, Jokowi juga sudah tahu masa pensiun dirinya pada 1 Desember 2023.

"Semua sudah tahu bahwa, saya pensiun 1 Desember, semua sudah tahu. Saya kira presiden pun sudah tahu kalau itu 1 Desember, jadi enggak perlu gimana pak nanti cuma setahun," kata Yudo dilansir dari Antara.

"Jika sepakat, mari kita kerja sama untuk membesarkan TNI, untuk menjaga kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan. Nah, ini menjadi komitmen kita bersama, bukan TNI saja. Dengan komponen masyarakat harus bersama-sama menjaga itu ya," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI. Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 91/TNI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia.