Jembatan Dermaga di Nusa Penida Bali Ambruk, Wisatawan Tercebur ke Laut
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

KLUNGKUNG -  Jembatan penghubung boat dengan dermaga (jetty) ponton di Pelabuhan Banjar Nyuh, di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, ambruk.

Dikabarkan 35 orang penumpang yang tengah menunggu antrean masuk ke kapal tercebur ke laut.

Bupati Klungkung, Bali, I Nyoman Suwirta membenarkan peristiwa tersebut dan Pelabuhan Banjar Nyuh, di bawah pengelolaan Unit Penyelenggaraan Pelabuhan (UPP) Nusa Penida.

"Itu Pelabuhan Banjar Nyuh, itu dibawah pengelola Pelabuhan UPP Nusa Penida. Jadi itu dibawa Kementrian Perhubungan. Jadi Pelabuhan itu baru saja selesai, dibangun dan sudah diuji coba. Dan lebih jelas bisa bertanya kepada Kepala UPP-nya tentang itu," kata Bupati Suwirta, Kamis, 15 Desember.

Jembatan itu roboh akibat over kapasitas karena para penumpang tidak bergerak saat ada di jembatan itu sehingga terlalu berat dan roboh.

"Over kapasitas, saya tadi sudah sempat telepon UPP Nusa Penida. Jadi disampaikan sudah diberikan (untuk) mencoba (jembatan). Tapi penumpangnya 55 (orang) mereka tidak bergerak sehingga berat sekali, akhirnya roboh," ujarnya.

"Tentu saya sudah tugaskan UPP (Nusa Penida)  untuk segera ditangani, apalagi itu dalam masa pemeliharaan tentunya nanti UPP bisa meninjau dan mengevaluasi lagi, terkait dengan apa ada salah kontruksi atau bagaimana," sambung Suwirta.

Tidak ada korban dari peristiwa ini. Wisatawan yang berada di jembatan tercebur ke laut.