Kesuksesan KTT G20 Dinilai Ada Andil Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir/DOK VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai punya andil menyukseskan gelaran KTT G20 pada 15-16 November lalu. Dia bisa mengoordinasikan jajaran perusahaan pelat merah untuk mendukung gelaran internasional tersebut.

"Sinergisitas yang di bangun oleh Menteri BUMN Erick Thohir dalam mendukung perhelatan Presidensi G20 hingga tuntas bahkan telah mendapat apresiasi delegasi negara-negara peserta," kata Ketua Forum Bersama Kita Satu Bali, Kadek Agus Ekanata dalam keterangan tertulisnya, Senin, 5 Desember.

Agus mengatakan di bawah Erick Thohir, revitalisasi Bandara Ngurah Rai dilaksanakan untuk menyambut tamu kenegaraan. Selain itu, PT Jasa Marga juga meningkatkan kualitas jalan tol hingga melakukan penanaman hutan bakau.

Berikutnya, perusahaan BUMN lainnya yaitu PT Bukit Asam membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di jalan Tol Bali Mandara. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan penggunaan energi ramah lingkungan yang juga jadi salah satu fokus agenda KTT G20.

"Program ini adalah langkah konkret green energy menjadi salah satu fokus dalam agenda Presidensi G20 Indonesia," ujar Agus.

Berikutnya, Erick juga dianggap berhasil mempromosikan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam kegiatan yang dihadiri kepala negara dan delegasinya. Kondisi ini, kata Agus, membuat pengusaha kecil di Bali ikut menikmati dampak perekonomian.

Adapun promosi itu dilakukan lewat kegiatan Future SMEs Village: Local Wisdom For Global Sustainability yang digelar di area Bali Collection, Nusa Dua.

"Menteri BUMN Erick Thohir mempromosikan produk lokal unggulan melalui Rumah BUMN dalam kegiatan Future SMEs Village: Local Wisdom for Global Sustainability yang digelar di area Bali Collection, Nusa Dua," pungkasnya.