Bantuan Gempa Rp7,9 Miliar Cair, Bupati Selayar Minta Warga Ikut Awasi Penyaluran
Gempa (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Bantuan senilai Rp7,9 miliar untuk korban terdampak gempa bumi magnitudo 7,4 di Selayar beberapa tahun lalu sudah cair. Bupati Selayar Basli Ali meminta kepada masyarakat untuk ikut mengawasi penyaluran.

Bupati Basli Ali melalui keterangan di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 2 Desember, mengatakan dana bantuan untuk korban gempa kategori rumah rusak berat telah cair dan sudah masuk dalam rekening Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Bantuan untuk korban ini bersumber APBN melalui BNPB yang sekian lama dinantikan oleh masyarakat, alhamdulillah 30 November kemarin sudah cair dan sudah ada di rekening Pemda Selayar," ungkapnya.

Ia berharap semua pihak termasuk masyarakat secara umum ikut terlibat mengawasi seluruh proses penyaluran bantuan BNPB Rp7,9 miliar yang dikhususkan pada 159 kepala keluarga korban gempa bumi di daerah itu.

"Bagi masyarakat yang nantinya merasa dirugikan atau melihat ada ketimpangan dalam proses dan prosedur penyaluran bantuan, bisa langsung laporkan," ujar dia.

Terkait penyaluran, ia memastikan akan segera melaksanakan mengingat bantuan ini sudah lama dinantikan oleh masyarakat terdampak bencana alam tersebut.

"Proses penyalurannya insyaallah segera, dan tentu akan dilakukan pengawasan," katanya.

Agar tepat sasaran dan menghindari penyelewengan dalam proses penyaluran, katanya, selain akan dilakukan pengawasan juga dibuka posko pengaduan. Basli mengingatkan para pejabat terkait penyaluran bantuan itu mesti melaksanakan tugas tersebut sesuai prosedur dan regulasi.