Panglima TNI Tegaskan Pentingnya Kerja Sama dengan Negara Tetangga
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa/FOTO IST

Bagikan:

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menegaskan penting bagi Indonesia untuk membangun kerja sama yang kuat dengan negara tetangga, bukan hanya untuk sektor keamanan, melainkan untuk mempererat persahabatan.

“Kami yakin dengan membangun kerja sama yang kuat antara negara tetangga akan memberikan dampak positif, bukan hanya untuk sektor keamanan, melainkan antarnegara yang bersahabat,” kata Andika Perkasa, dikutip ANTARA, Jumat, 25 November.

Pernyataan tersebut disampaikan ketika menerima Kepala Intelijen Pertahanan Australia Letnan Jenderal Gavan Reynolds, beserta delegasi dari Australia. Saat itu, Andika Perkasa didampingi oleh Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI Letnan Jenderal TNI Rudianto beserta jajarannya.

Andika Perkasa sempat membahas mengenai keberhasilan Super Garuda Shield ketika disinggung oleh Gavan.

Bagi Andika, Super Garuda Shield telah melebihi ekspektasi.

“Ini bahkan di luar dugaan saya, karena banyak detail yang saya yakin orang belum pernah lihat. Saya yakin,” kata Andika.

Dalam pertemuan tersebut, Letnan Jenderal Gavan Reynolds menyampaikan apresiasinya kepada Panglima TNI atas komitmen dukung penuh, dalam segala bentuk kerjasama antara TNI dan Australian Army.

Komitmen itu juga diimplementasikan Panglima TNI, pada rencana Indo-Pacific Endeavor (IPE), Tahun 2022. IPE merupakan kegiatan pelayaran yang dilakukan kapal perang Angkatan Laut Australia setiap dua tahun ke seluruh wilayah Asia Tenggara, yang di tujukan untuk meningkatkan kerja sama dengan mitra dekatnya di kawasan.

“Bagi Australia, penting untuk terlibat di kawasan ini. Jadi, dukungan Anda sangat berharga bagi kami, karena menjadi memungkinkan bagi Australia untuk dapat melakukan hal tersebut (IPE),” ucap Gavan.