BMKG Ramalkan Hujan Guyur Sumatera Utara, D.I Yogyakarta dan Jawa Tengah Hari Ini
Ilustrasi hujan. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meramalkan hujan lebat turun di Sumatera Utara, D.I Yogyakarta, Jawa Tengah dan sejumlah kota besar di Tanah Air pada hari ini, Senin 21 November. 

Mengutip situs BMKG via Antara, selain wilayah yang telah disebutkan, hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Hujan lebat juga diprakirakan terjadi di beberapa daerah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur.

Selanjutnya, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, wilayah Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Maluku Utara juga berpotensi mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

Secara khusus, sejumlah kota besar dapat mengalami hujan lebat pada hari ini termasuk Yogyakarta, Jambi, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin dan Kupang. Hujan intensitas sedang berpotensi turun di Bandar Lampung, Ambon, Padang dan Medan.

Untuk wilayah Jakarta, lima wilayah administrasi dan Kepulauan Seribu diprakirakan mengalami cuaca cerah berawan sepanjang hari ini.

BMKG memperingatkan wilayah Nusa Tenggara Timur masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat seperti banjir dan longsor.

Sementara kategori waspada pada hari ini sampai Selasa 22 November pagi, berlaku untuk Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Selain itu, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara,dan Papua.