Pemkot Surakarta Bangun Pasar Tradisional pada 2023
Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Heru Sunardi. ANTARA/Aris Wasita

Bagikan:

SOLO - Pemerintah Kota Surakarta di Jawa Tengah  berencana membangun sejumlah pasar tradisional pada 2023 untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

"Kalau revitalisasi pasar itu tahun besok, tahun 2023," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Heru Sunardi di Solo dikutip ANTARA, Rabu, 2 November.

Dia mengatakan beberapa pasar tradisional yang akan dibangun di antaranya Pasar Joglo, Pasar Mebel Bong Mojo, dan Pasar Jongke. Anggaran pembangunan Pasar Joglo dan Bong Mojo menggunakan APBD, untuk Pasar Jongke menggunakan anggaran dari pusat.

Pembangunan Pasar Joglo menelan anggaran sekitar Rp4 miliar, sedangkan Pasar Mebel Bang Mojo sekitar Rp18 miliar.

"Ya kami berharap Januari bisa segera digarap, dikerjakan. Mungkin ada yang 4-5 bulan," katanya.

Dengan percepatan tersebut diharapkan proses pembangunan pasar khususnya yang di kawasan Joglo tidak mengganggu pengerjaan proyek underpass Joglo oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sementara itu, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan terus memperbanyak proyek infrastruktur untuk fasilitas publik.

"Kemarin juga ada presentasi Pak Kepala Dinas (Dinas Perdagangan) sudah mulai presentasi masalah Pasar Panggungrejo," katanya.

Selain pasar, fasilitas publik lain yang juga akan dikerjakan oleh Pemkot Surakarta yakni taman cerdas.

"Untuk taman cerdas ini banyak permintaan dari kelurahan-kelurahan," katanya.

Hingga saat ini proyek infrastruktur di Kota Solo terus bertambah sebagai komitmen pemerintah daerah memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Selain itu, diharapkan perbaikan infrastruktur juga dapat memberikan kenyamanan bagi warga luar kota saat berkunjung dan berwisata ke Solo.