PKB Jelaskan Maksud Cak Imin Sebut Prabowo Calon Presiden: Dalam Konteks Capres dari Partai Gerindra
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menjelaskan, soal pernyataan Ketua Umum Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, yang menyebut Ketum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024 di acara 'PKB Road To Election' Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu, 30 Oktober.

Menurut Jazilul, konteks pernyataan Cak Imin itu karena Prabowo merupakan capres dari Partai Gerindra.

Sementara soal capres yang akan diusung Koalisi Gerindra dan PKB belum diputuskan.

"Yang paling penting kita berpegang pada komitmen politik bersama Gerindra bahwa pembicaraan presiden dan wakil presiden ada di tangan Pak Prabowo dan Gus Muhaimin. Nah, tentu Pak Muhaimin tadi dalam konteks Pak Prabowo calon presiden dari Partai Gerindra, tetapi belum dari koalisi," ujar Jazilul kepada wartawan di Tenis Indoor Senayan, Minggu, 30 Oktober.

Meski begitu, Jazilul mengatakan, PKB dan Gerindra akan segera mendeklarasikan capres dan cawapres yang akan diusung pada Pemilu 2024.

"Nah, pertemuan tadi ini semakin menguatkan sinyal bahwa Pak Prabowo dan Gus Muhaimin dalam satu perahu koalisi nantinya akan mengumumkan siapa presiden dan calon presidennya," katanya.

Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKB ini menambahkan, saat ini Gerindra dan PKB juga telah memantapkan kerja sama dengan pembentukan Sekretariat Bersama Gerindra-PKB yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat.

Jazilul pun memastikan intensitas pembicaraan antara kedua parpol sudah semakin baik.

"Ini akan kita mulai dengan meresmikan Sekretariat Bersama (Sekber). Dalam waktu dekat mudah-mudahan di awal November ini, tinggal mengatur kursi, dan lain-lain, di Menteng," katanya.

"Dan juga intensitas pembicaraan Partai Gerindra dan PKB semakin hari semakin baik. Kegiatan bersama sudah disusun bersama Partai Gerindra. Deklarasi ini memang banyak hal yang harus dipertimbangkan," tambah Jazilul.

Sebelumnya, dalam pidato pembukaan acara PKB Road to Election, Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyambut Prabowo dengan sebutan calon presiden.

Prabowo hadir didampingi Sekjen Gerindra Ahmad Muzani dan Waketum Gerindra Sugiono.

Awalnya, Cak Imin menyapa satu per satu tamu undangan yang hadir dalam acara itu, termasuk Prabowo. Cak Imin lantas memanggil Prabowo dengan sebutan calon presiden RI.

"Yang kita muliakan, kita banggakan calon presiden RI Pak Prabowo Subianto yang saya muliakan," ujar Cak Imin.