Basarnas Temukan 5 Pendaki yang Tersesat di Gunung Guntur Garut, Begini Kondisinya
Ilustrasi. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Lima pendaki yang dilaporkan hilang di Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat, akhirnya ditemukan, Sabtu, 22 Oktober dini hari WIB. Mereka berhasil dievakuasi tim Basarnas.

Kelima pendaki ini dilaporkan tersesat di Gunung Guntur. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, Jumaril mengatakan, tim gabungan menemukan kelimanya dalam kondisi selamat.

"Telah ditemukan dalam keadaan selamat dan sehat," kata Jumaril seperti dikutip dari Antara.

Ia menuturkan, pihaknya mendapatkan informasi dan permintaan evakuasi dari salah satu pendaki bernama Angga Pratama. Dia mengatakan, tersesar bersama empat orang temannya di Gunung Guntur pada Jumat, 21 Oktober 2022, pukul 17.00 WIB.

Saat itu kelimanya hendak naik ke Gunung Guntur setelah melewati Pos 3.

"Pelapor mengaku kehilangan arah dan memutuskan untuk mendirikan tenda karena cuaca di lokasi pada saat kejadian hujan," katanya.

Petugas gabungan yang datang ke lokasi akhirnya berhasil menemukan keberadaan pendaki. Mereka kemudian dibawa menuju Pos 3 Pendakian Gunung Guntur untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kepala Polsek Tarogong Kaler Ipda Budiman yang juga turun melakukan pencarian dan evakuasi pendaki mengatakan jajarannya langsung menuju lokasi jalur pendakian setelah mendapatkan adanya informasi lima pendaki tersesat.

Ia menyampaikan pendaki itu tidak tahu arah karena salah jalur setelah melewati pos pertama di Gunung Guntur. "Mereka bertahan di dalam tenda karena di kawasan Gunung Guntur masih diguyur hujan," tutur Jumaril.