Meski Bangunan Sekolah-sekolah di Makassar Masih Layak, Disdik Minta Siswa Dipulangkan Kalau Cuaca Buruk
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Pendidikan Kota Makassar mengecek kondisi sekolah guna memastikan bangunan aman apabila terjadi kondisi cuaca ekstrem.

Dari hasil pengecekan, kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Muhyiddin, kondisi bangunan sekolah di wilayah Makassar masih layak.

"Insyaallah masih bagus. Meski ada yang memang masih ada kerusakan ringan, tapi layak. Namun demikian, kami sudah menyiapkan antisipasi agar tidak sampai terjadi musibah kepada anak didik," ucap Muhyiddin di Makassar, Selasa 18 Oktober.

Sebagai bagian dari langkah mitigasi, dinas meminta sekolah segera memulangkan siswa jika kondisi cuaca buruk berlangsung lama.

"Jadi saya minta sekolah untuk langsung pulangkan semua anak-anak. Jika cuaca buruk berlangsung lama maka bisa diterapkan belajar dari rumah (secara daring)," katanya.

Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan sudah mengeluarkan surat edaran ke sekolah-sekolah di 24 kabupaten dan kota di wilayahnya untuk mengecek kelayakan bangunan sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Setiawan Aswad mengatakan bahwa pemeriksaan perlu dilakukan untuk memastikan kondisi bangunan sekolah aman saat terjadi kondisi cuaca ekstrem.

Pengelola sekolah diminta tidak melakukan kegiatan di bangunan sekolah yang dinilai tidak layak atau rawan rusak guna meminimalkan risiko bencana akibat kondisi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dan angin kencang.