Mencegah Virus Corona dengan Kartu
Pemberian HAC di Bandara Soekarno Hatta (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Bandara Soekarno Hatta memberikan Health Alert Card (HAC) kepada para penumpang yang datang dari China dan Hong Kong. Langkah ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona masuk ke Indonesia.

HAC nantinya akan menjadi data untuk pihak bandara memantau pergerakan penumpang. Data itu berisi tanggal kedatangan untuk nantinya dikarantina secara medis jika penumpang terkait menunjukkan gejala sakit dalam jangka waktu tertentu.

HAC diberikan petugas maskapai kepada para penumpang sejak di atas pesawat dan sebelum mendarat. Selain HAC, pihak bandara juga menggunakan dua thermal scanner yang ditempatkan di Terminal 2F dan empat unit lain di Terminal 3 untuk memantau suhu badan penumpang.

Penumpang di Gerbang Kedatangan Internasional Bandara Soetta (Irfan Meidianto/VOI)

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno Hatta, Dokter Anas Maaruf, pihaknya juga mempersiapkan satu unit Isolation Chamber atau kamar isolasi serta ambulans untuk membawa penumpang terduga ke RS Sulianto Saroso, RSPAD atau RS Persahabatan.

Menurut Corsec Angkasa Pura II Febri Toga Simatupang, ada 34 jadwal penerbangan dari China dan Hong Kong dengan total 2.500 pendatang per harinya. Jumlah itu sama dengan banyaknya orang yang terinfeksi virus corona di seluruh dunia. Menurut data yang kami himpun, 80 orang di antaranya meninggal dunia.

Penyebaran virus corona terbanyak ada di Kota Wuhan, tempat virus ini dikabarkan berasal. Virus itu dengan cepat menyebar ke seluruh dunia, mulai dari Malaysia, Singapura, Thailand, hingga Amerika Serikat dan Prancis.