Bagikan:

JAKARTA - Dokter Tifauziah Tyasumma alias dr Tifa baru-baru ini disorot atas analisanya soal keotentikan ijazah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di laman Twitter pribadinya (@DokterTifa), dr Tifa sampai membandingkan wajah Jokowi pada foto wisuda dengan penampilan saat ini. 

Dari foto, Tifa secara meyakinkan menyebut ada dua sosok yang berbeda dilihat dari bentuk hidung, bibir dan gigi. Tak tanggung-tanggung, untuk memperkuat analisisnya, dr Tifa menyebut kalau dirinya pernah menempuh mata kuliah anatomi 15 SKS.

Isi cuitannya begini.

"Semoga Jokowi yg Presiden tdk pernah mengakui ini sbg foto wisudanya ya. Sbg Dokter yg  lulus matkul  Anatomi  15 SKS pasti tahu,  hidung, bibir & gigi di foto seblh kanan adl milik 2 orang yg berbeda. KL pun Jokowi adl lulusan asli UGM, pasti punya foto wisudanya sendiri," dikutip dari Twitter @DokterTifa.

Cuitan ini lantas menimbulkan polemik di media sosial. Tak sedikit netizen yang mengkritik atau mendukung analisi yang bersangkutan. 

Salah satu kritik datang dari pegiat media sosial Yusuf Muhammad. Dengan sindiran jenaka, Yusuf minta dr Tifa juga menganalisa foto wisuda putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming. 

Foto yang ditampilkan Yusuf ketika Gibran diwisuda dari University of Technology Sydney (UTS Insearch), Sydney, Australia. "Gibran @gibran_tweet tercyduk beli Ijazah dari luar negeri. Pasti mahal bayarnya," cuit Yusuf.

Cuitan Yusuf ini rupanya di- mention Gibran di Twitter,  @gibran_tweet. Gibran lantas meminta agar dr Tifa juga melakukan analisa serupa pada foto wisuda Gibran.

"Coba fotonya biar dianalisa oleh @DokterTifa. Siapa tau ini hasil editan," sindir Gibran.

"Kemarin dapet harga murah pasti pas promo 10.10 yaa mas? Halo @DokterTifa ada bahan ocehan baru nih," sambar salah satu netizen. 

"Analisa pake anatomi dok," balas netizen lainnya.