Inilah 3 Profil Hakim yang Pimpin Sidang Sambo
Ferdy Sambo saat dilimpahkan (Foto: DOK Kejagung)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sidang Ferdy Sambo atas kasus pembunuhan terhadap Brigadir J dipimpin oleh tiga tim majelis hakim. Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan mengumumkan ketiga majelis pemimpin sidang tersebut pada Senin (10/10).

Ketiga majelis hakim akan memimpin sidang terdakwa Ferdy Sambo dan beberapa orang yang terlibat atas kasus pembunuhan berencana dan obstruction of justice kematian Brigadir J. 

Sidang Ferdy Sambo beserta terdakwa yang lainnya dipastikan akan diselenggarakan terbuka secara umum di ruang sidang Oemar Seno Adji PN Jaksel. Beberapa monitor juga disiapkan oleh pengadilan untuk menyiarkan proses persidangan. 

Daftar Majelis Hakim Pemimpin Sidang Ferdy Sambo dan Terdakwa Lain

Djuyamto, Humas PN Jaksel, mengungkapkan sidang akan menghadirkan terdakwa pembunuhan berencana, yakni Ferdy Sambo, Putri Candrawati, Richard Elizer, Kuat Ma’aruf, Bripka Ricky Rizal. Sementara terdakwa kasus obstruction of justice yakni Arif Rahman, Hendra Kurniawan, dan Agus Nurpatria. 

Tim majelis hakim pemimpin sidang pembunuhan berencana diketuai oleh Wahyu Iman dengan dua anggota yaitu Alimin Ribut Sujono dan Morgan Simanjuntak. Sementara sidang obstruction of justrice dipimpin oleh majelis hakim yang diketuai Ahmad Suhel beranggotakan Hendra Yuristiawan dan Djuyamto.

Untuk sidang perkara obstruction fo justice dengan terdakwa Chuck Putranto, Baiquni, dan Ivan akan dipimpin oleh tim majelis hakim yang diketuai oleh Afrizal Hadi. Tim ini beranggotakan Ari Mualid dan M Ramdes. 

Profil Hakim yang Memimpin Sidang Sambo

Berikut beberapa profil hakim dan persidangan-persidangan yang pernah ditangani.

Wahyu Iman Santosa

Wahyu Iman Santosa menjadi ketua tim majelis sidang Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Jabatan yang dipegang oleh Wahyu Iman saat ini adalah sebagai Wakil Ketua PN Jakarta Selatan. Sebelumnya ia menjabat sebagai Ketua PN Kelas IA Denpasar.

Wahyu Iman pernah memimpin persidangan PN Jaksel dalam satu kasus, yakni praperadilan yang diajukan oleh Eltinus Omaleng Bupati Mimika. Persidangan tersebut menangani kasus dugaan korupsi pembangunan gereja di Mimika.

Alimin Ribut

Alimin Ribut menjadi anggota tim majelis hakim dalam sidang Ferdy Sambo. Alimin Ribut memegang jabatan Kepala Pengadilan Negeri Bantul, sebelum bekerja di PN Jakarta Selatan. Alimin terdaftar dalam pangkat pembina utama madya di PN Jaksel.

Kasus yang baru dipegang oleh Alimin Ribut adalah pernikahan beda agama. Alimin pernah memberi izin pasangan suami istri beda agama untuk mendapat catatan administrasi kenegaraan.

Morgan Simanjuntak

Morgan Simanjuntak juga menjadi anggota tim majelis hakim dalam persidangan ini. Sebelum menjabat di PN Jaksel pada 2021, ia pernah bekerja di PN Medan. Morgan merupakan hakim dengan pangkat pembina utama madya. 

Morgan pernah memegang persidangan kasus pembunuhan saat di PN Medan. Pada Mei 2021, Morgan Simanjuntak pernah menangani sidang praperadilan yang diajukan oleh RJ Lino terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).  

Itulah profil hakim yang memimpin sidang Ferdy Sambo. Jadwal persidangan Ferdy Sambo akan dilaksanakan pada Senin, 17 Oktober 2022. Yang pasti pelaksanaan sidang diselenggarkan terbuka secara umum, sehingga dapat disaksikan oleh publik. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.