Rekam jejak Hendrar Prihadi yang Pesat Sebelum Menjabat di LKPP, Sempat Jadi Sales
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (tengah). (dok Pemkot Semarang)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebelum menjabat di LKPP sosok Hendrar Prihadi ternyata adalah sosok yang sempat menjabat sebagai Wali Kota Semarang dan dirinya menjabat secara definitif sejak 2013. Penasaran dengan rekam jejak Hendrar Prihadi? 

Pasalnya, sosok yang akrab disapa Hendi ini lahir di kota Semarang pada tanggal 30 Maret tahun 1971. Dirinya adalah anak ke-10 dari 10 bersaudara dari pasangan ibu Sunarsih dan Bapak Sunarso.

Rekam jejak Hendrar Prihadi

 

Dalam salah satu unggahan di akun instagram pribadinya, Hendi sempat mengaku pernah mengawali karir sebagai seorang sales di tahun 1996, dia bekerja sebagai karyawan di CV Daya Prima yang bergerak di bidang alat kesehatan. Dirinya diketahui ada di dalam devisi penjualan kaca mata.

Dia pun hampir sama dengan kebanyakan orang, sempat beberapa kali berpindah kerja, dan kemudian Hendi sendiri memilih untuk fokus berwirausaha sendiri. Tapi di tahun 2009 setelah dirinya terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dirinya memutuskan untuk meninggalkan segala bisnisnya itu.

Sama halnya saat dirinya ada di dunia kerja, karier politiknya pun begitu cerah. Wal hasil setelah satu tahun dirinya menduduki kursi legislatif, Hendi kemudian mendapat amanah untuk menjadi Wakil Walikota Semarang di tahun 2010.

Namun posisi itu tak lama ia duduki karena setahun setelahnya dirinya diamanahi untuk jadi pelaksana tugas Walikota pada tahun 2011.

Lalu, di dua tahun setelahnya pada tahun 2013 pria yang tumbuh besar di daerah Lempongsari Kota Semarang itu kemudian ditetapkan menjadi Wali Kota Semarang. Setelah itu kemudian Hendi mengikuti 2 kali kontestasi Pemilihan Walikota Semarang dan wal hasil ia selalu memenangkannya.

Bahkan pada pemilihan Wali Kota Semarang di tahun 2020 pun dirinya berhasil menang dan meraih angka 91,57%.

Totalitasnya dukungan dari masyarakat Semarang itu untuk Hendi juga tak luput dari segudang prestasinya yang sukses meraih tingkatan - tingkatan pembangunan di kota kelahirannya itu. Salah satunya yang begitu terasa bagi masyarakat yaitu terkait perkembangan perekonomian di Ibu Kota Jawa Tengah. Hal itu terwujud dengan Kota Semarang yang dibangun sebagai salah satu destinasi wisata teratas di Indonesia.

Semarang pun berhasil dibawanya menjadi Kota dengan pembangunan terbaik di Indonesia tiga kali berturut - turut pada tahun 2019, 2020, 2021. Wow! Secara otomatis apresiasi dari pemerintah itu menjadikan Kota Semarang sebagai role model oleh banyak orang, sampai kunjungan studi banding dari berbagai daerah jadi pemandangan setiap hari yang jadi lazim di kota itu.

Tak cuma itu saja dalam pembangunan kota Semarang, pencapaiannya dalam melakukan perubahan pelayanan publik pun juga diakui di kancah Nasional, dimana Hendi dinobatkan oleh pemerintah sebagai pembina pelayanan publik terbaik sedari tahun 2016 sampai 2019.

Kemudian, Hendi juga didapuk sebagai 'Best City Manager' (Manajer Kota Terbaik) sebagai perwujudan peraih penghargaan Anti Gratifikasi Award KPK RI di tahun 2013 - 2014 dari lembaga Europe Business Assembly di tahun 2014 yang sampai menarik perhatian publik. 

Jadi itulah rekam jejak Hendrar Prihadi, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!