PM Kroasia Andrej Plenkovic Positif COVID-19
PM Kroasia Andrej Plenkovic (Instagram/@plenkovic.andrej)

Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Kroasia Andrej Plenkovic positif COVID-19. Hasil itu didapat setelah Andrej melakukan tes atas rekomendasi ahli epidemiologi. Dua hari sebelumnya, istri Andrej lebih dulu tertular virus corona.

"Perdana Menteri saat ini merasa sehat dan terus melakukan aktivitas dan tanggung jawabnya dari rumah dan akan mengikuti semua instruksi dokter dan ahli epidemiologi," kata Marko Milić, juru bicara pemerintah, dikutip Euronews, Selasa, 1 Desember.

Setelah mengetahui sang istri positif COVID-19, Andrej sempat mengisolasi diri selama dua hari. Namun, berdasar hasil positif itu, Andrej memperpanjang masa karantinanya hingga sepuluh hari.

Andrej bukan pejabat Kroasia pertama yang mengidap COVID-19. Sebelumnya, Menteri Kesehatan Krosia Vili Beros jadi pejabat elite pertama di Kroasia yang tertular COVID-19.

Pandemi COVID-19 telah menghajar banyak sektor di Kroasia. Kesehatan, misalnya. Hampir 1.400 dokter tertular COVID-19. Sementara, hampir seribu tenaga kesehatan lainnya diisolasi mandiri.

Sejauh ini Kroasia telah mengonfirmasi 126.612 kasus penularan COVID-19. Di antara itu, terdapat 1.712 kasus meninggal dunia.