Terpal Tutup Tiga Candi Antisipasi Hujan Abu Gunung Merapi
Stupa Candi Borobudur ditutup terpal mengantisipasi erupsi Merapi (ANTARA)

Bagikan:

MAGELANG - Balai Konservasi Borobudur (BKB) segera menutup tiga candi di kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dengan terpaulin. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hujan abu jika Gunung Merapi erupsi.

Kepala Balai Konservasi Borobudur Wiwit Kasiati di Magelang, Senin, mengatakan ketiga candi yang akan ditutup terpaulin tersebut, yakni Candi Borobudur, Candi Mendut dan Candi Pawon.

Wiwit menuturkan penutupan Candi Borobudur dan Candi Mendut sudah berlangsung beberapa waktu lalu, namun untuk Candi Pawon belum dimulai.

"Nanti Candi Pawon juga ditutup, sekarang yang tengah kita lakukan penutupan Candi Mendut dan Candi Borobudur," katanya dikutip Antara, Senin, 30 November.

Menurut Wiwit, penutupan bangunan candi ini bagian antisipasi kalau Gunung Merapi erupsi, karena pengalaman tahun 2010 untuk membersihkan batu candi dari abu vulkanik Merapi membutuhkan cukup waktu dan tenaga.

"Kami tidak ingin berulang seperti dulu, kami tidak ingin terlalu lama menutup candi sehingga kami tutup dengan terpaulin untuk sementara sebagai antisipasi," katanya.

Wiwit menyebutkan untuk Candi Borobudur yang ditutup terpaulin bagian lantai lorong dan stupa dan untuk Candi Mendut sudah ditutup bagian atas.

"Jadi tiga candi itu sudah punya covernya semua, tinggal menutupkan," ujar Wiwit.

Namun, katanya, karena keterbatasan tenaga dan juga kondisinya tidak darurat erupsi maka bekerjanya secara bertahap.

"Belum semua pegawai masuk, karena masih ada yang WFH terkait pandemi COVID-19 sehingga kami belum mengerahkan semua pegawai untuk menutup, kecuali kalau terjadi erupsi mau tidak mau kita harus menggerakkan semua pegawai untuk menutup," katanya.