Cak Imin Ziarah ke Makam Soekarno: Kita <i>Ngalap</i> Berkah di Sini
Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar menaburkan bunga di makam Soekarno di Bendogerit, Sananwetan, Blitar, Jawa Timur, Selasa (27/9/2022). (ANTARA/HO-Tim media Muhaimin)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar menyebut Proklamator Kemerdekaan Indonesia Soekarno adalah sosok yang menginspirasi bangsa Indonesia.

"Bung Karno adalah Bapak Bangsa, kita bisa merdeka dari penjajahan seperti saat ini berkat Bung Karno," katanya dalam keterangan tertulis dikutip ANTARA, Selasa, 27 September.

Selain itu, Bung Karno adalah sosok Bapak Bangsa yang diidolakan oleh segenap bangsa Indonesia. Tak heran banyak orasi yang disampaikan dan pemikiran-pemikiran dari Bung Karno yang dijadikan kutipan untuk membakar semangat dalam menjalani kehidupan bernegara.

Wakil Ketua DPR itu mengakui jalan politik Bung Karno juga patut dijadikan teladan.

Cak Imin menyatakan Bung Karno adalah sosok yang mampu merangkul semua pihak dalam berjuang, tidak terkecuali para ulama, kiai dan santri.

"Jalan politik beliau patut kita teladani, beliau dengan siapa pun, kalangan mana pun, termasuk para kiai dan santri. Kalau ada masalah bangsa yang sulit dipecahkan, beliau tak segan sowan kiai, minta pendapat dan solusi bagaimana mengatasinya,” jelasnya.

Hal itu disampaikan Muhaimin saat berziarah ke makam Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur.

Muhaimin hadir bersama sejumlah elite DPP PKB, seperti Sekjen M. Hasanuddin Wahid, Wakil Bendahara Umum Bambang Susanto, dan Wasekjen yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Ermarini.

Muhaimin berharap besar agar dirinya serta seluruh pengurus dan kader PKB bisa meneladani semangat juang besar Bung Karno dalam upaya memerdekakan Indonesia dari tangan para penjajah terdahulu.

"Kita ngalap berkah di sini, di makam Bung Karno. Kita serap semangat juang beliau yang luar biasa bagi kemerdekaan,” kata Muhaimin.