Apresiasi Pesona Nusantara Bekasi Keren, Ridwan Kamil: Ini yang Harus Ditunjukkan Kota Bekasi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) mengikuti gerakan tari tradisional di panggung acara Pesona Nusantara Bekasi Keren di Stadion Patriot Candrabhaga. (Foto via ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Bagikan:

BEKASI - Kota Bekasi menggelar Pesona Nusantara Bekasi Keren. Kegiatan ini merupakan rangka puncak kemeriahan HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dia mengaku teringat dengan pesan yang disampaikan Presiden Ke-1 Indonesia, Ir Soekarno.

Pendiri bangsa itu mengatakan, suatu wilayah harus memiliki budaya yang berkepribadian, kepribadian Nusantara.

"Ini yang hari ini ditunjukkan oleh Kota Bekasi bahwa Kota Bekasi merupakan Kota yang berkepribadian Nusantara dan saya melihat Kota Bekasi menjadi wadah kebudayaan Nusantara," kata Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara, Sabtu 10 September.

Kegiatan Pesona Nusantara Bekasi Keren melibatkan 10 ribu peserta dari kalangan pelajar serta komunitas sanggar seni dan budaya di Kota Bekasi.

Acara ini diawali kirab bendera Merah Putih sepanjang 100 meter yang dilakukan prajurit TNI, personel kepolisian, dan anggota Paskibraka Kota Bekasi.

Sejumlah pertunjukan seni budaya ditampilkan pada pagelaran ini mulai tari ronggeng oleh 3.000 penari pelajar, 5.000 peserta senam Indonesia Cinta Tanah Air, tari sekoper cinta, Kecak Bali, Reog, saman, tortor, tari khas Maluku, serta seribu peserta Silat Budaya Bekasi.

Pelaksana tugas Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, kegiatan ini akan dijadikan agenda tahunan sebagai ajang pelestarian budaya nusantara sekaligus bentuk keharmonisan dan kerukunan umat beragama.

"Saya berencana untuk menjadikan kegiatan ini sebagai agenda tahunan Kota Bekasi mengingat acara ini bisa menjadi ajang pelestarian seni dan budaya sekaligus perekat hubungan antarumat beragama," katanya.

Menurut dia kegiatan ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kota Bekasi mewujudkan daerah itu sebagai kota yang cerdas, kreatif, maju, sejahtera, dan ikhsan.

"Selaras dengan visi dan misi Kota Bekasi. Ini sangat positif sekali, aspek keberagaman kehidupan bermasyarakat terangkum di sini," tutur Tri.