Apa Itu Dana Bantalan Sosial? Inilah Rincian Anggaran dan Kategori Penerimanya
Lustrasi dana bantalan sosial (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemerintah Indonesia menggelontorkan anggaran dana sebesar Rp24,17 triliun untuk dana bantalan sosial tambahan yang akan dibagikan kepada masyarakat. Program ini sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM. Lalu apa itu dana bantalan sosial?

Dana bantalan sosial diberikan pemerintah kepada 20,65 juta orang. Kebijakan tersebut dilakukan sekaligus untuk mengalihkan subsidi bahan bakar minyak (BBM) agar tepat sasaran, dilansir dari Setkab.go.id. Kebijakan ini diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat. Di samping itu masyarakat juga dihimbau untuk menjaga daya konsumtif di tengah lonjakan harga yang terjadi secara global.

Dari total anggaran Rp24,17 triliun, dana bantalan sosial dibagi menjadi tiga program. Apa saja tiga program bantalan sosial?

Apa Itu Dana Bantalan Sosial 

Sejaki beberapa waktu terakhir, isu kenaikan harga BBM ramai diperbincangkan masyarakat. Pemerintah disebut akan menaikkan harga BBM Subsidi menyesuaikan dengan lonjakan harga global dan perekonomian negara. Namun kebijakan finalnya masih digodok oleh pemerintah.

Program BBM subsidi yang diberikan oleh pemerintah menuai banyak kritikan oleh berbagai pihak. Program ini dinilai masih belum tepat sasaran, sehingga dianggap justru menyia-nyiakan uang negara. Beberapa pihak menyarankan agar pemerintah mengalihkan subsidi tersebut dalam bentuk bantuan lain yang manfaatnya lebih bisa dirasakan masyarakat. 

Dana bantalan sosial menjadi program dari pemerintah untuk mengalihkan subsidi BBM agar tepat sasaran.Menteri Keuangan Sri Mulyani, saat rapat di Kantor Presiden hari Senin (29/8), menyampaikan pemerintah menyiapkan anggaran bantalan sosial sejumlah Rp24,17 triliun. 

“Total bantalan sosial yang tadi ditetapkan oleh Bapak Presiden untuk bisa dieksekusi mulai dilakukan pada minggu ini adalah sebesar Rp24,17 triliun. Ini diharapkan akan bisa mengurangi tentu tekanan kepada masyarakat dan bahkan mengurangi kemiskinan,” dilansir dari laman Setkab

Tiga Program Bantalan Sosial

Sri Mulyani menyampaikan pemerintah menyalurkan dana bantalan sosial ke dalam tiga program atau tiga jenis bantuan. Berikut tiga program bantalan sosial tersebut:

Bantuan Langsung Tunai 

Program pertama adalah bantuan langsung tunai (BLT). Program ini mendapat alokasi anggaran sejumlah Rp12,4 triliun. BLT akan diberikan kepada 10,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Penyaluran BLT dilakukan oleh Kementerian Sosial menggunakan PT. Pos Indonesia. 

“Jadi 20,65 juta kelompok atau keluarga penerima manfaat yang akan mendapatkan anggaran sebesar Rp12,4 triliun yang akan mulai dibayarkan oleh Ibu Mensos Rp150 ribu selama empat kali. Jadi dalam hal ini Ibu Mensos akan membayarkannya dua kali, yaitu Rp300 ribu pertama dan Rp300 ribu kedua,” ungkap Menkeui.

Bantuan Subsidi Upah

Program yang kedua adalah bantuan subsidi upah (BSU). Anggaran dana yang dialokasikan untuk program ini sebesar RP9,6 triliun. BSU akan dibagikan kepada 16 juta pekerja sasaran melalui Kementerian Ketenagakerjaan. Masing-masing pekerja akan mendapat sejumlah Rp600 ribu.

“Bapak Presiden juga menginstruksikan kita untuk membantu 16 juta pekerja yang memiliki gaji maksimum Rp3,5 juta per bulan dengan bantuan sebesar Rp600 ribu, dengan total anggaran sebesar Rp9,6 triliun,” tutur Menkeu.

Bantuan dari Pemerintah Daerah 

Program yang ketiga adalah bantuan dari Pemerintah Daerah. Pemda diminta menyiapkan sejumlah dua persen dari Dana Transfer Umum (DTU), yaitu DAU (Dana Alokasi Umum) dan DBH (Dana Bagi Hasil). 

Anggaran tersebut disalurkan untuk subsidi sektor transportasi. Subsidi ini diberikan kepada angkutan umum hingga nelayan. Selain itu subsidi ini juga dimanfaatkan untuk perlindungan sosial tambahan. 

“Kementerian Dalam Negeri akan menerbitkan aturan, kami di Kementerian Keuangan juga menetapkan Peraturan Menteri Keuangan di mana dua persen dari Dana Transfer Umum yaitu DAU dan DBH diberikan kepada rakyat dalam bentuk subsidi transportasi untuk angkutan umum sampai dengan ojek dan nelayan, serta untuk perlindungan sosial tambahan,” jelas Menkeu.

Itu tadi jawaban bagi masyarakat yang bertanya apa itu dana bantalan sosial. Menkeu menyampaikan penyaluran bansos tersebut siap dijalankan minggu ini. Jadi bagi anda bersiaplah dan ikuti terus info terbaru dana bantalan sosial.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan berita terupdate nasional dan internasional untuk anda