Genting Buatan 4 Mahasiswa FT UGM Sungguh Canggih: Punya Sel Surya, Sensor Cahaya dan Bisa Bersihkan Sendiri
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Tim mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengembangkan genting fotovoltaik pintar bertenaga surya yang bisa memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga.

"Sama seperti genting pada umumnya. Tetapi ini dilengkapi sel surya yang dapat digunakan sebagai sumber energi listrik dengan 'self-cleaning glass' agar kotoran yang menempel pada permukaan mudah dibersihkan lewat ponsel," ujar anggota tim mahasiswa itu, Nifwan Arbi Nugroho, melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Jumat 27 Agustus.

Pengerjaan inovasi genting pintar bertenaga surya ini dilakukan empat mahasiswa Fakultas Teknik UGM, yakni Nifwan Arbi Nugroho, Lathief Nurmahmudi Wijaya, Muhammad Rafif Taqiyuddin, dan Maulana Istar.

Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karsa Cipta (PKM-KC) UGM itu memperoleh sumber dana dari Kemendikbud Ristek.

Anggota tim lainnya, Lathief Nurmahmudi Wijaya, mengatakan keunggulan genting surya ini ada pada penggunaan teknologi Internet of Things (IoT) sehingga memudahkan proses perawatan secara otomatis dari gawai.

Bahkan, ujar dia, dengan teknologi masyarakat bisa mengetahui performa genting surya yang dinamakan smart rooftop itu hingga mengetahui keadaan lingkungan sekitar.

"Genting pintar ini dilengkapi alat penyiram air yang terhubung dengan perangkat ponsel pintar, proses pemeliharaan dapat dilakukan secara otomatis saat tidak ada hujan," kata dia lagi dinukil dari Antara.

Selain itu, ujar dia, genting surya ini terdapat berbagai sensor seperti sensor suhu, sensor hujan, sensor kelembaban, sensor cahaya LDR (Light Dependent Resistor), dan sensor daya yang membuat pengguna mengetahui kondisinya.

Meski baru sebatas penelitian, ia mengaku genting pintar bertenaga surya ini akan terus dikembangkan agar nantinya bisa lebih banyak fitur ditambahkan pada genting dan bisa dikomersialkan supaya memberi manfaat kepada masyarakat luas.