Lift Angkut Barang Jatuh dari Lantai 4, 1 Karyawan Toko Gordein Tewas, 1 Lainnya Kritis
Toko gordein tempat kejadian perkara/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Dede Hendri (24) karyawan toko Lotus Decor ditemukan tewas akibat lift di toko tempatnya dia bekerja terjatuh. Peristiwa itu terjadi di toko Lotus Decor, Jalan Pintu Air, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Nyawa Dede tak tertolong meski sudah dibawa ke rumah sakit terdekat.

Sementara Hendro Setyadi (36), korban lainnya masih dalam perawatan.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada Rabu, 24 Agustus, malam.

"Ada dua karyawan di sebuah toko jual hordeng (gordein), pada saat dua karyawan akan memindahkan barang berupa satu gulung kain dari lantai 4 ke lantai 1, begitu memasuki lift, tidak berapa lama kemudian tau-tau liftnya terjatuh dari lantai 4 sampai ke lantai 1," kata Kombes Komarudin kepada wartawan, Kamis 25 Agustus.

Kuat dugaan, lift itu jatuh karena kabel pengikat lift putus. Dia memastikan kedua korban yang merupakan karyawan toko itu sempat dilarikan ke rumah sakit.

"Diduga kabel pengikat lift (kabel sling) terputus. Korban sempat di larikan ke RS dua orang. Satu diantaranya meninggal di RS," katanya.

Dari hasil pemeriksaan sementara terhadap jenazah Hendri, korban mengalami benturan yang menyebabkan luka dalam. Selain itu, tekanan nadinya juga rendah.

"Kalau dugaan sementara memang ada luka dalam. Kalau dari keterangan dokter itu akibat dari luka dalam termasuk tekanan nadinya yang sangat rendah. Itu penyebab. Tapi untuk lebih pastinya nanti hasil pemeriksaan lengkap dokter," ujarnya.

Untuk mengetahui persis sebab muasal peristiwa itu, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap pemilik toko. Dari hasil pemeriksaan sementara diketahui bahwa lift itu telah diservis beberapa bulan lalu.

"Untuk mengetahui penyebab lift itu jatuh, lepas, kita sudah lakukan pemeriksaan kepada pemilik toko dimana berdasarkan pengakuannya, terakhir kali diservis itu pada bulan Maret," ujarnya.

Pihak penyidik juga membuka kesempatan memeriksa pihak ketiga yaitu vendor yang menangani maintenance lift tersebut.

"Iya makanya nanti kita juga akan periksa pihak ketiga. Kita akan minta bantuan Labfor untuk mengecek penyebab putusnya kabel itu," ucapnya.

Pihaknya ingin menelisik lebih jauh penyebab jatuhnya lift tersebut.

"Nanti baru kita bisa ketahui itu akibat dari kelalaian siapa. Apakah karena faktor liftnya yang memang sudah usang atau mungkin perawatannya yang tidak sesuai dengan ketentuan atau mungkin ada kelalaian dari pengguna lift. Nah ini yang nanti akan kita dalami lebih lanjut," katanya.

Penyidik juga akan melibatkan laboratorium forensik untuk mengetahui secara detail penyebab lift jatuh hingga memakan korban jiwa itu.