Sekjen NATO Desak Rusia Izinkan IAEA Inspeksi PLTN Zaporizhzhia
Sekjen NATO Jens Stoltenberg. (Wikimedia Commons/Fornyingsdepartementet)

Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Jenderal NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) Jens Stoltenberg, meminta Rusia untuk menyetujui inspeksi pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia yang dikendalikan Rusia di Ukraina.

"Sangat mendesak untuk mengizinkan inspeksi oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dan untuk memastikan penarikan semua pasukan Rusia," kata Stoltenberg pada konferensi pers di Brussels, dikutip dari Daily Sabah 18 Agustus.

"Perebutan pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia oleh pasukan Rusia, menimbulkan ancaman serius bagi keselamatan dan keamanan fasilitas ini," tukas Stoltenberg.

"(Itu) meningkatkan risiko kecelakaan atau insiden nuklir, membahayakan penduduk Ukraina, negara-negara tetangga dan komunitas internasional," paparnya.

Diketahui, Sekjen PBB Antonio Guterres menyerukan agar aktivitas militer di sekitar PLTN Zaporizhzhia Ukraina dihentikan, seperti mengutip Reuters.

Ia mendesak penarikan personel dan peralatan militer dan tidak ada lagi pasukan atau peralatan yang dikerahkan. Dia meminta Rusia dan Ukraina untuk tidak menargetkan pembangkit atau daerah sekitarnya.