546 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Upacara HUT ke-77 RI di Papua Barat
Personel Satlantas Polda Papua Barat melaksanakan pengamanan arus lalu lintas di sekitar lokasi pelaksanaan upacara HUT RI ke 77 di Stadion Sanggeng Manokwari Papua Barat (ANTARA/HANS ARNOLD KAPISA)

Bagikan:

MANOKWARI - Polri dan TNI menjamin keamanan wilayah Papua Barat pada puncak HUT ke-77 RI dengan menurunkan sebanyak 546 personel gabungan.

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Adam Erwindi mengatakan selain menjamin keamanan pelaksanaan upacara HUT RI, 546 personel gabungan ini dikerahkan dalam rangka kamtibmas. 

"Sebanyak 546 personel gabungan dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan selama tiga hari, yaitu pengaman upacara HUT RI pada 17 Agustus, serta mengantisipasi gangguan kamtibmas pada 18 dan 19 Agustus sebagai peringatan aksi tolak rasisme di Papua dan Papua Barat," kata Kombes Adam dilansir ANTARA, Rabu, 17 Agustus dini hari.

Polda Papua Barat mengajak peran aktif tokoh masyarakat, pemuda, agama termasuk tokoh adat untuk turut menyukseskan perayaan HUT ke-77 RI.

"Mari sama - sama menyukseskan rangkaian perayaan HUT ke-77 RI, masyarakat diimbau agar tidak mudah terhasut ajakan kelompok tertentu yang hanya menciptakan gangguan keamanan di wilayah ini," ujar Kombes Adam.

Bila ada informasi negatif yang berpotensi mengganggu kenyamanan dan keamanan, masyarakat diminta melapor ke pos kepolisian.

"Sampai pukul 00.00 WIT wilayah Papua Barat terpantau aman terkendali. Dengan bantuan dan kerja sama masyarakat, kami harapkan situasi aman dan damai ini tetap terjaga," sambung Kombes Adam.