Hendrawan Supratikno Sebut Puan Maharani Sosok Capres yang Kuat karena 3 Hal Ini
Politisi Senior PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno. (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Politisi Senior PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno menyebut Puan Maharani adalah sosok Calon Presiden (Capres) 2024 yang sangat kuat. Kekuatan cucu Proklamator ini bisa ditangkap dari kualitas kepemimpinan yang ditunjukan Puan selama ini.

Secara pribadi Hendrawan memiliki kesan tersendiri tentang sosok Ketua DPR RI tersebut saat pernah satu Komisi yaitu Komisi VI DPR RI pada 2009-2014 dan bersama di DPP PDI Perjuangan satu periode, ditambah saat ini Puan Maharani menjadi Ketua DPR RI.

"Saya menilainya beliau Capres paling kuat karena kepemimpinannya. Saya punya pengalaman intensif sama-sama di Komisi VI, pernah sama-sama di DPP PDI Perjuangan, kita pantau juga saat beliau Menko PMK dan saat ini sebagai Ketua DPR RI," ungkap Hendrawan dalam diskusi politik Indonesia Point bertajuk "Menakar Kekuatan Capres 2024 Puan Maharani" di Jakarta, Jumat 12 Agustus.

Hendrawan memaparkan tiga kualitas penting kepemimpinan yang diperlihatkan Puan Maharani selama ini, yaitu kemampuan mendengarkan masukan orang lain (ability to listen), berorientasi solusi (solution oriented), dan punya kemampuan teknokratis.

"Jadi ini adalah kualitas lengkap karena kalau ibarat film, beliau bisa jadi sutradara, penulis naskah juga, sekaligus aktornya," ucap Hendrawan.

Puan Maharani sebagai sosok yang bersedia mendengar masukan orang lain menurut Hendrawan jangan dianggap sepele lantaran tidak semua orang yang memiliki posisi tinggi mendengarkan masukan orang lain.

Apalagi, rata-rata orang yang punya posisi tinggi cenderung hanya mau didengarkan.

"Dulu itu beliau selalu tanya menurut kamu bagaimana? Kalau ambil keputusan ini dampaknya bagaimana? Jadi mau mendengarkan orang dan di situ kita tahu kualitas kepemimpinan demokratis yang Mbak Puan tunjukkan. Itu saya terkesan," ucapnya.

Hal lain yang dia tunjukkan adalah kepemimpinan berorientasi solusi.

Hal ini penting karena Puan sadar betul bahwa politik adalah profesi seni untuk merubah kebajikan menjadi kebijakan.

"Dari beliau saya belajar bagaimana kita berpolitik harus punya cita-cita menjadikan kebajikan sebagai kebijakan, yang ujungnya politik itu melayani rakyat. Ini penting. Sebab kalau politik hanya produksi kata-kata atau retorika, itu tidak mampu menjawab masalah masyarakat. Kepemimpinan orientasi hasil inilah yang ditunjukan Mbak Puan," jelas Hendrawan.

Hendrawan tambahkan pula bahwa persyaratan pemimpin yang ideal dan mampu menjawab tantangan bangsa ke depan bisa dipenuhi oleh Puan Maharani.

"Bagi PDI Perjuangan, Mbak Puan itu adalah aset politik sangat penting, aset strategis. Dia punya portofolio bidang politik dan hubungan antar lembaga yang sangat mampu beliau jalankan. Saya sendiri tidak ragu untuk memastikan bahwa beliau adalah Capres yang sangat kuat," pungkas Hendrawan.