Ngaku Tak Ada Masalah dengan PDIP, NasDem: Bu Mega dan Pak Surya Adalah Sahabat
Ketua Umum NasDem Surya Paloh (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Bagikan:

JAKARTA - Partai NasDem mengaku tidak ada masalah dengan PDIP meski belakangan disebut-sebut saling sindir dan membuat suasana politik menghangat. NasDem justru menyatakan, Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersahabat dan tidak bermasalah.

"PDIP-NasDem ini nggak ada masalah, kami partai sahabat, teman, antara Bu Mega dan Pak Surya juga adalah sahabat," ujar Waketum NasDem Ahmad Ali di kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin, 1 Agustus.

Ali menjelaskan, tidak ada yang perlu dipersiapkan untuk bertemu dengan PDIP. Sebab, kata dia, NasDem dengan PDIP memang tak ada masalah.

"Sesungguhnya tidak pernah ada masalah, kemudian dibuat seakan-akan ada masalah. Nggak ada (masalah)," sambungnya.

Lagipula, kata Ali, koalisi NasDem dan PDIP sudah teruji pada Pemilu 2014 dan 2019. Di mana, NasDem bersama PDIP sama-sama mengusung Joko Widodo untuk menjadi presiden dua periode.

Soal munculnya isu PDIP tak ingin mengganggu kemesraan NasDem dengan PKS dan Partai Demokrat, Ali mengatakan, partainya tidak bisa membatasi diri hanya berkomunikasi dengan sejumlah partai saja.

"Bagi kami tentunya masing-masing orang punya hak untuk memberikan penilaian sendiri-sendiri, tapi komunikasi NasDem dan Demokrat dengan PKS itu tidak membatasi komunikasi dengan partai-partai lain, kami tidak akan membatasi itu," jelasnya.

Pun dengan PDIP, menurut Ali, NasDem membuka ruang komunikasi. Hanya saja, kata dia, PDIP adalah satu-satunya partai yang bisa langsung mengusung capres tanpa berkoalisi dengan parpol lain.

"Memang tentunya kalau kita dengan PDIP, kita tahu bahwa dia satu-satu ya partai memenuhi syarat untuk mengajukan sendiri, sehingga dalam kontestasi 2024 mereka bisa tidak membutuhkan partai lain," kata Ali.

"Tapi bagi NasDem butuh koalisi dengan partai lain, karena kami butuh memenuhi persyaratan untuk mengusung. Intinya NasDem menyadari bahwa bangsa sebesar ini tidak bisa diusung sendiri dan harus dengan partai-partai lain," imbuhnya.