Anggota Jemaah Haji Debarkasi Solo Positif COVID-19 Jadi 2 Orang
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

SOLO - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo menyebutkan anggota jemaah haji asal Jawa Tengah yang dinyatakan positif COVID-19 bertambah satu sehingga menjadi dua orang.

"Haji yang dinyatakan positif COVID-19 tambah satu asal Kabupaten Magelang tergabung kloter 11 sehingga totalnya menjadi dua orang," kata Koordinator Humas PPIH Debarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin dikutip dari ANTARA, Sabtu, 23 Juli.

Sebelumnya, seorang haji asal Kabupaten Jepara tergabung dalam kloter 3 debarkasi setempat positif COVID-19.

Ia menjelaskan, anggota jEamaah haji kloter 11 berjumlah 359 orang, gabungan dari Kabupaten Magelang dan Kendal, tiba di Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, Sabtu, sekitar pukul 01.47 WIB.

Setelah tiba di bandara setempat, jamaah dibawa ke Gedung Jeddah Asrama Haji Donohudan Boyolali untuk dilakukan tes usap antigen.

Hasil tes, seorang haji menunjukkan reaktif kemudian dilakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Seorang jemaah haji kloter 11 itu, dari hasil tes usap PCR oleh tim bidang kesehatan, keluar pada pukul 08.00 WIB dan dinyatakan positif COVID-19. Haji ini positif tetapi masuk orang tanpa gejala," kata dia.

Seorang haji yang positif virus tersebut selanjutnya secara khusus dibawa dengan ambulans yang telah disiapkan petugas kesehatan daerah, untuk menjalani isolasi mandiri dengan pemantauan tim kesehatan kabupaten setempat.

Sarip mengatakan, jumlah anggota jamaah haji asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang sudah dipulangkan ke daerah masing-masing hingga masa pemulangan hari ini 3.953 orang, sedangkan anggota jamaah yang masih di Arab Saudi tercatat 11.120 orang.

Jumlah haji dari Jateng yang masih sakit dan dirawat di rumah sakit di Arab Saudi delapan orang dan meninggal dunia di Tanah Suci 14 orang.

PPIH Debarkasi Solo di Asrama Haji Donohudan Boyolali saat ini masih menunggu kedatangan jemaah haji kloter 12 asal Kabupaten Magelang dan Klaten berjumlah 360 orang.

Rombongan tersebut dijadwalkan tiba di Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, Sabtu, sekitar pukul 16.10 WIB.