Gubernur Anies Baswedan Copot William Sabandar dari Jabatan Dirut MRT Jakarta
William Sabandar (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberhentikan William Sabandar dari jabatan Direktur Utama PT MRT Jakarta.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Rendi Alhial mengungkapkan, pemberhentian ini diputuskan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) sirkuler PT MRT Jakarta (Perseroda).

"Memberhentikan dengan hormat William Sabandar selaku Direktur Utama dan menyampaikan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdiannya selama menjabat sebagai Direktur Utama," kata Rendi dalam keterangannya, Jumat, 22 Juli.

Lalu, Anies mengangkat Mohamad Aprindy sebagai Direktur Utama PT MRT Jakarta dengan masa jabatan sesuai dengan anggaran dasar perseroan. Sebelum menjabat Dirut MRT Jakarta yang baru, Aprindy memiliki pengalaman di sejumlah perusahaan milik pemerintah.

Di antaranya adalah Direktur Strategi Korporasi dan Human Capital Management PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. Lalu, jabatan terakhir Aprindy adalah Direktur Teknik dan Pengembangan PT Jakarta Propertindo, serta Komisaris Utama LRT Jakarta.

"Dengan pengalaman yang ada, diharapkan kedepannya dapat meningkatkan kinerja PT MRT Jakarta (Perseroda) secara keseluruhan," ucap Rendy.

Selai itu, Anies juga memberhentikan Zukfikri dari jabatan Komisaris PT MRT Jakarta.

Lebih lanjut, Rendy menegaskan bahwa Penggantian Direktur Utama sudah dilakukan sesuai dengan prosedur dan ketentuan peraturan perundang-undangan, di mana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai pemegang saham mayoritas dan Perumda Pasar Jaya sebagai pemegang saham minoritas pada PT MRT Jakarta (Perseroda) mempunyai kewenangan dalam memutuskan pengangkatan pemberhentian direksi.

Dengan demikian, susunan pengurus Perseroan adalah sebagai berikut:

- Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Muhammad Syaugi

Komisaris: Rukijo

Komisaris: Adnan Pandu Praja

Komisaris: Mukhtasor

- Direksi

Direktur Utama: Mohamad Aprindy

Direktur Konstruksi: Silvia Halim

Direktur Operasi dan Pemeliharaan: Muhammad Effendi

Direktur Keuangan dan Manajemen Korporasi: Roy Rahendra

Direktur Pengembangan Bisnis: Farchad Mahfud