Satu Haji Asal Maluku Utara Meninggal Dunia di RS An Noor Arab Saudi
Bus shalawat untuk mengantar jemaah calon haji Indonesia dari hotel ke Masjidil Haram Makkah. (ANTARA)

Bagikan:

MALUKU - Seorang haji asal Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara (Malut), bernama Esa Buba meninggal dunia di Rumah Sakit An Noor Arab Saudi pada hari Selasa 12 Juli, pukul 19.30 waktu setempat.

Kabar duka itu berdasarkan informasi dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Maluku Utara. Kakanwil Kemenag Malut, Hi Sarbin Sehe, mengucapkan berduka atas berpulangnya Esa Buba.

"Doa keluarga besar Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara beserta jajarannya, Semoga Allah SWT mengampuni segala khilaf beliau, menerima dan melipatgandakan seluruh amal ibadah beliau," ujarnya melalui pesan singkat, Rabu 13 Juli.

Kepada keluarga yang ditinggalkan, Kakanwil berharap diberikan kekuatan, sabar dan tabah. Karena menurutnya, kematian adalah perjalanan berharga bagi semua makhluk yang bernyawa dan semua pasti akan melewatinya

Berdasarkan laporan Antara, mendiang Esa Buba salah satu jemaah Kloter 11 UPG Embarkasi Makassar. 

Sebelumnya, Esa Buba sempat dirawat di rumah dan sempat dikunjungi oleh Kakanwil Kemenag Malut, bersama dokter kloter, serta petugas PHD lainnya untuk mengetahui langsung kondisinya pada Sabtu 26 Juni.

Dalam musim haji tahun ini, pemerintah Arab Saudi akan menyediakan kuota sebanyak 46 persen bagi calon jemaah haji Indonesia.