Ribuan Ikan Sapu-sapu Mati di Aliran Kali Baru Jaktim, <i>Kok</i> Bisa?
ILUSTRASI DOK VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Ribuan ikan jenis sapu-sapu yang sudah mati terbawa arus pada aliran Sungai Kali Baru, Jakarta Timur, pagi ini. Temuan tersebut dibenarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

"Pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022 jam 07.20 WIB di aliran Sungai Kali Baru tepatnya di depan RT 001/08 Kelurahan Tengah telah menemukan/mendapatkan Ikan-ikan di aliran Kali Baru mati dan terbawa arus arah utara," kata Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Yogi Ikhwan dalam pesan singkat, Senin, 11 Juli.

Yogi menduga, fenomena matinya ribuan ikan sapu-sapu ini disebabkan oleh pencemaran lingkungan. Namun, perlu ada pemeriksaan lebih lanjut untuk mengidentifikasi penyebabnya.

Karenanya, lanjut Yogi, tim dari Dinas Lingkungan Hidup DKI tengah mengambil sampel air di Sungai Kali Baru untuk mengetahui dan mengidentifikasi dugaan pencemaran limbah tersebut.

"Kita sedang kirim tim untuk ambil sampel air tersebut," ucap Yogi.

Nantinya, sampel air sungai ini dibawa ke laboratorium Lingkungan Hidup Daerah Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Sementara ini, petugas juga tengah membersihkan sampah di Kali Baru.

"Petugas kami masih membersihkan sampah di aliran tersebut," ungkapnya.

Awalnya, kabar matinya ribuan ikan sapu-sapu ini diunggah pada akun Instagram jakarta.terkini. Akun tersebut mengungkapkan terdapat ribuan ikan di sungai Jalan Raya Bogor, Jaktim, mati karena diduga tercemar limbah.

"Ribuan ikan sapu-sapu tampak mati mengapung di sungai Jalan Raya Bogor Jakarta Timur. Diduga akibat tercemar limbah," tulis keterangan akun jakarta.terkini.