Megawati Pimpin PDIP dalam Rapat untuk Kampanyekan Gerakan Menanam Pohon
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri. (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri membuka dan memberikan pengarahan dalam kegiatan Rakorbidnas Kebudayaan dengan tema Gerakan Menanam Pohon Kepala Daerah PDI Perjuangan se-Indonesia. Acara ini diselenggarakan pada hari ini Sabtu, 31 Oktober.

"Ibu Megawati sangat memberikan perhatian terhadap alam dan tanaman. Melalui gerakan menanam pohon kepada para kepala daerah yang berasal dari PDI Perjuangan diharapkan memberikan kontribusi untuk menjaga kelestarian alam," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu, 31 Oktober.

Acara ini digelar pada pukul 13.30 WIB. Dalam acara tersebut, Ketua DPP PDIP bidang Kebudayaan yang juga Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini juga hadir dan turut memberikan pengarahan.

"Pada acara itu juga akan dipaparkan dampak La Nina baik terkait dengan pertanian, ancaman banjir dan tanah longsor, termasuk meminta kader-kader PDI Perjuangan melalui Baguna dapat memersiapkan kemungkinan terjadinya bencana tersebut. Lalu skala prioritas penanganan bencana ditujukan pada kaum perempuan dan anak," ucapnya.

Dengan adanya gerakan menanam pohon yang seperti yang dicanangkan oleh partai berlambang banteng ini, diharapkan, bisa menjadi salah satu cara untuk mengajak masyarakat menjaga lingkungan sekitar. 

Lebih lanjut, Hasto juga menyebut, menanam pohon nantinya akan menjadi salah satu indikator penilaian terhadap kinerja kader partai yang duduk di eksekutif. Karena, berdasarkan pesan Megawati, merawat alam dan lingkungan akan bermakna untuk merawat kehidupan.

Selain itu, dengan adanya Rakorbidnas ini setiap kepala daerah diminta melaporkan progress report terkait dengan gerakan menanam tanaman pendamping beras seperti sukun, sorgum, pisang, umbi-umbian, porang, talas, sagu dan lainnya. Dengan gerakan menanam tersebut, PDI Perjuangan mengedepankan wajah sebenarnya dari politik yang menyentuh perikehidupan rakyat. 

"Sebab Indonesia dikenal sebagai bangsa dengan sumber pangan dan bumbu-bumbuan paling lengkap sedunia. Generasi muda Indonesia hendaknya bangga menggembangkan seluruh keanekaragaman pangan tersebut dan mengolahnya secara kreatif," ujarnya.

"Ibu Megawati selalu menekankan pentingnya menjaga kelestarian tanaman di Indonesia. Melalui Rakorbidnas ini, kampanye gerakan menanam pohon semakin diperkuat dan diharapkan para kepala daerah PDI Perjuangan bisa mewujudkan harapan itu," pungkasnya.