Sampah Menumpuk di Kanal Barukang Utara Makassar, Bagaimana Pemkot?
Sampah di aliran kanal Barukang Utara Makassar (Thamzil/VOI)

Bagikan:

MAKASSAR - Penampakan sampah menumpuk di aliran kanal Barukang Utara, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, membutuhkan perhatian khusus Pemkot Makassar. Sebab sampah ini bisa mengalir dan mencemari laut. 

Dari pantauan VOI, tampak sampah didominasi plastik, kayu juga tempat sisa makanan. Ketua RT setempat, Fatimah menegaskan sampah ini bukan buangan warga sekitar. Tapi sampah disebut kiriman dari Kelurahan Camba setiap musim hujan. 

“Kanal itu sudah lama sebenarnya, cuma itu ketika hujan datang itu sampah kiriman dari arah Camba. Artinya bukan sampah kita, itu sampah kiriman, makanya kalau hujan full lagi di situ," kata Fatimah ditemui VOI, Selasa, 27 Oktober.

Menurut dia, pemerintah kota bersama TNI sebelumnya sudah melakukan pengerukan. Alhasil warga sekitar tak pernah lagi melakukan pembuangan sampah pada kanal tersebut.

 

"Ini dulu memang warga yang buang tapi ndak seberapa, semenjak sudah dikeruk oleh pemerintah dan TNI. Warga sudah tidak buang lagi," kata Fatimah.

VOI sudah mencoba mengkonfirmasi kondisi sampah di kanal Barukang Utara ke pihak terkait di Pemkot Makassar. Namun belum ada respons.