Farah Fazira Asal Lhokseumawe Aceh Jadi Calon Haji Termuda
Para jemaah calon haji kloter pertama saat berada di Asrama Haji Embarkasi Aceh, Kota Banda Aceh, Rabu (14/6/2022). (FOTO ANTARA/Khalis Surry)

Bagikan:

BANDA ACEH - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh Iqbal menyatakan calon haji termuda yang berangkat dari Embarkasi Aceh berasal dari Kota Lhokseumawe, yang kini berusia 18 tahun.

“Jemaah haji termuda berasal dari Lhokseumawe yaitu Farah Fazira dengan usia 18 tahun,” katanya di Banda Aceh dilansir Antara, Selasa, 14 Juni.

Farah Fazira lahir pada 4 Februari 2004, yang saat ini masih berstatus sebagai pelajar dan akan berangkat bersama orang tuanya.

Dia akan berangkat dalam kelompok terbang (kloter) IV pada Sabtu (18/6) mendatang, bersama jemaah lain asal Aceh Utara sebanyak 208, Kota Lhokseumawe 130 orang dan Aceh Tamiang 49 orang.

Farah dan jemaah lain akan terbang ke Madinah, Arab Saudi dengan maskapai Garuda Indonesia Airways (GIA) nomor penerbangan GA2104 pada pukul 00.30 WIB, turut didampingi empat orang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan dua Pemandu Haji Daerah (PHD).

“Ia memang sudah terdaftar dari awal sebagai jamaah, bukan jamaah cadangan atau pengganti,” kata Iqbal.

Sementara untuk jemaah haji tertua Aceh, kata dia, berasal dari Kabupaten Aceh Barat yang bernama Cut Endek Teuku Budiman Binti Muhammad Amin B, yang kini berusia 65 tahun.

Perempuan ini akan berangkat dalam kloter lima pada 19 Juni mendatang.

“Karena tahun ini ada pembatasan usia 65 tahun ke bawah, maka yang paling tua ini, artinya yang paling tua di antara yang tua-tua,” kata Iqbal.

Kemenag mencatat rata-rata usia jaeaah haji Aceh yang akan berangkat tahun ini antara 51-60 tahun yaitu sebanyak 955 jemaah atau 47,2 persen dari total jamaah yang akan berangkat sebanyak 1992 orang.

Pada musim haji tahun ini, Kemenag Aceh akan memberangkatkan jemaah sebanyak 1.992 orang ditambah petugas sebanyak 31 orang, sehingga total 2.023 jemaah.

Semua jemaah akan diterbangkan dalam enam kloter, masing-masing kloter 393 orang terdiri atas lima kloter penuh dan satu kloter campuran.

“Dalam kloter campuran, jemaah asal Aceh akan bergabung dengan sebagian jemaah Medan, Sumatera Utara,” katanya.

Kemenag Aceh akan memberangkatkan kloter pertama pada Rabu (15/6) sekitar pukul 01.25 WIB dini hari. Saat ini para jemaah kloter pertama sudah memasuki asrama haji Embarkasi Aceh, demikian Iqbal.