Ikut Apel Siaga Secara Daring, Bawaslu Sleman Siap Jadi 'Wasit' Pemilu 2024
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sleman, Yogyakarta, siap mengawasi seluruh tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

"Kami, seluruh personel Bawaslu Kabupaten Sleman, hari ini telah mengikuti Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 secara daring yang dilaksanakan secara serentak oleh Bawaslu RI; dan kami siap mengawasi Pemilu 2024," kata Ketua Bawaslu Sleman Abdul Karim Mustofa usai mengikuti Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 di Sleman, Selasa 14 Juni.

Jajaran Bawaslu Sleman mengikuti Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 secara daring, yang dilaksanakan secara serentak oleh Bawaslu RI bersama seluruh jajaran Bawaslu provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia.

Apel siaga yang dipimpin Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja di Jakarta itu merupakan bentuk komitmen Bawaslu mengawasi penyelenggaraan tahapan Pemilu 2024.

Secara resmi, tahapan Pemilu 2024 dimulai Selasa berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Apel ini wujud komitmen Bawaslu, mulai dari tingkat pusat sampai jajaran terbawah, untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang agar berjalan secara demokratis," katanya.

Menurut dia, kesiapan Bawaslu Sleman dalam mengawasi tahapan Pemilu 2024 tidak hanya terkait fisik personel semata, namun juga keahlian atau skill pengawasan.

"Sejak dini, Bawaslu Sleman secara rutin melakukan peningkatan kapasitas sebagai modal menghadapi penyelenggaraan tahapan Pemilu ini," tambahnya.

Tantangan pemilu ke depan, tambahnya, tidaklah mudah karena banyak yang harus dihadapi.

"Apalagi pemilu nanti juga akan dilanjutkan dengan pelaksanaan pilkada serentak secara nasional, tentu butuh persiapan yang matang," katanya.

Karim mengatakan, sesuai PKPU tentang Tahapan dan Jadwal Pemilu 2024, tahapan pemilu terdekat yang akan diawasi Bawaslu adalah pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu 2024. Berkaca pada Pemilu 2019 di Kabupaten Sleman, tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu masih dijumpai berbagai permasalahan.

"Di antaranya soal kepengurusan ganda partai politik peserta pemilu, pencatutan nama ASN, TNI, dan Polri yang mendukung peserta Pemilu tertentu. Ini kan tidak diperbolehkan oleh undang-undang," tegasnya.

Lewat Apel Siaga tersebut, katanya, jajaran Bawaslu akan selalu siap dan siaga mengawasi proses tahapan Pemilu 2024. Melalui pengawasan Pemilu yang baik, diharapkan pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 di Kabupaten Sleman akan berjalan dengan lancar dan damai tanpa kendala berarti.

"Mulai detik ini, kami harus sudah siap selalu 24 jam mengawasi tahapan Pemilu ini," ujarnya.