TNI AL Gelar Latihan Menjaga Pertahanan Pantai di Tanjungpinang
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pangkalan Utama TNI AL IV/Tanjungpinang menggelar latihan operasi pertahanan pantai selama empat hari di Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL IV/Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Kegiatan tersebut melibatkan satu Batalion Personel Pangkalan Utama TNI AL IV/Tanjungpinang, satu Batalion Marinir Pertahanan Pangkalan Pangkalan Utama TNI AL IV/Tanjungpinang, satu Batterai Artiheli Pertahanan Udara serta satu Kompi Markas Batalion Marinir Pertahanan Pangkalan Utama TNI AL IV/Tanjungpinang.

"Latihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit TNI AL di bidang Operasi Pertahanan Pantai," kata Komandan Pangkalan Utama TNI AL IV/Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani, saat memimpin upacara Pembukaan Latihan Operasi Pertahanan Pantai 2022 di Lapangan Apel Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL IV/Tanjungpinang, Senin 6 Juni dikutip dari Antara.

Menurut dia, latihan ini juga untuk menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak serta menguji doktrin dalam pelaksanaan operasi keamanan laut. Latihan digelar hingga Kamis 9 Juni depan.

Selain bertujuan untuk bersiap menghadapi kekuatan musuh, katanya, kegiatan ini merupakan upaya TNI AL dalam mempersiapkan kekuatan personel dan materil serta kesiapan alutsista yang dimiliki Pangkalan Utama TNI AL IV/Tanjungpinang.

Ia menekankan kepada para peserta agar mendalami rencana latihan untuk memahami fungsi dan tugas setiap pelaku dan memperhatikan keamanan latihan dengan mengikuti semua prosedur yang telah di tetapkan dan melaksanakan tahapan latihan dengan sungguh-sungguh.

"Kami akan mengevaluasi latihan untuk mengetahui sejauh mana kegiatan ini dapat memberikan kontribusi guna peningkatan kemampuan Pangkalan Utama TNI AL IV/Tanjungpinang," kata dia.