2 Bulan Jadi Buronan, 6 Pembunuh Wartawan Demas Laira Ditangkap
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Humas Polri)

Bagikan:

JAKARTA - Tim gabungan Polri menangkap enam pelaku pembunuhan wartawan, Demas Laira di Kecamatan Karossa, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. Enam orang ini ditangkap setelah dua bulan buron.

Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan, empat dari enam tersangka ditangkap di kawasan Karossa, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. Mereka yakni, Nawir (30), Doni (20), Haerudin (18), dan Ilham (19).

"Untuk dua tersangka lain, Syamsul ditangkap di Gorontalo dan Ali Baba di Pasangkayu, Sulawesi Barat," ucap Listyo kepada wartawan, Rabu, 21 Oktober.

Sementara Direktur Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo menyebut para tersangka ditangkap pada Senin, 20 Oktober kemarin. Berdasarkan hasil pemeriksaan, motif di balik pembunuhan itu karena rasa sakit hati.

"Motif pembunuhan karena sakit hati kepada korban," kata Ferdy.

Rasa sakit hati itu karena korban dianggap sudah mempermalukan adik dari Syamsul yang merupakan otak pembunuhan. Tapi tak dijelaskan secara rinci soal perbuatan korban yang dinilai sebagai tindakan mempermalukan.

"Korban mengganggu dan mempermalukan saudari Kartina yang merupakan adik perempuan dari Syamsul," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Demas Laira (28) ditemukan tewas di Kecamatan Karossa, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, pada Kamis, 20 Agustus. Dugaan sementara, dia menjadi korban pembunuhan karena ditemukan luka tusuk.

Berdasar hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), ditemukan 7 bekas luka tusuk pada jasad Demas. Selain itu, beberapa barang berharga korban juga diduga hilang saat kejadian. Beberapa barang lainnya, seperti sepada motor, ditemukan di sekitar lokasi kejadian.

Sekadar informasi, Demas Laira merupakan wartawan Kabardaerah.com atau media berbasis online yang bertempat di Sumatera Barat.