Bagikan:

PEKALONGAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan menggelar aksi simpatik dengan membagikan stiker berisi pesan anti-merokok alam rangkaian menyambut Hari Tanpa Tembakau Sedunia.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan Indah Kurniawati mengatakan tujuan aksi tersebut mengingatkan masyarakat terhadap kandungan tembakau yang lebih banyak efek negatif terhadap kesehatan.

"Ya, aksi simpatik ini bertujuan untuk menggugah keingintahuan masyarakat mempelajari kandungan pada tembakau yang lebih banyak efek negatif yang ditimbulkan dari penggunaan tembakau," katanya di Pekalongan, dikutip dari Antara, Selasa, 31 Mei.

Aksi simpatik tersebut digelar pada lima titik yaitu di Simpang Lima Pekalongan, perempatan Grogolan, Ponolawen, Sorogenen, dan Alun-Alun Kota Pekalongan.

Indah berharap, melalui kegiatan simpatik ini, masyarakat memiliki keinginan kuat untuk berhenti merokok.

Selain itu, Dinkes setempat mendorong pada para pengambil kebijakan untuk tidak ragu-ragu lagi membuat regulasi kawasan tanpa rokok.

"Dengan mengusung tema Lindungi Lingkungan, kami ingin pemkot terus melaksanakan regulasi yang tepat untuk mengatur distribusi, produksi tembakau dan mengelola limbah sehingga tidak banyak menimbulkan kerusakan lingkungan," katanya.

Aksi simpatik menyambut Hari Tanpa Tembakau Sedunia di daerah itu melibatkan 80 peserta terdiri atas unsur Dinkes, puskesmas, dan organisasi profesi.