Ganjar Pranowo Salati Jenazah Buya Syafii Maarif di Masjid Gedhe Kauman
Ganjar Pranowo (Foto via Pemprov Jateng)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jenazah cendekiawan muslim dan mantan PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif disemayamkan di Masjid Gedhe Kauman, Yogya. Ribuan orang melayat ke masjid itu, termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar tiba di Masjid Gedhe Kauman sekitar pukul 11.35 WIB. Usai melaksanakan salat Jumat, Ganjar masuk ke barisan depan dimana jenazah Buya Syafii Maarif disemayamkan. Bersama jamaah lain, Ganjar ikut menyalati jenazah Buya Syafii Maarif.

Usai salat jenazah, Ganjar menemui keluarga Buya Syafii Maarif. Ia menyampaikan duka cita mendalam pada putra Buya Syafii Maarif, Mohammad Hafiz. Setelah itu, Ganjar pamit karena harus mengikuti berbagai acara di tempat lain.

"Kita semua berduka, Indonesia kehilangan beliau, seorang bapak bangsa yang hebat. Tentu kita harus mendoakan beliau mudah-mudahan seluruh amal ibadahnya diterima Allah dan diampuni seluruh dosanya," kata Ganjar, Jumat 27 Mei.

Sosok Buya Syafii Maarif lanjut Ganjar adalah bapak bangsa. Ia sangat ngayomi dan ngayemi pada siapa saja. Setiap bertemu, suasana yang muncul menurut Ganjar selalu menyejukkan.

"Beliau juga penuh dengan pemikiran intelek dan selalu memberikan semangat pada anak muda. Saya ingat saat mahasiswa dulu bertemu beliau, kami ngobrol dan berbincang santai bagaimana aktifitas seorang mahasiswa dan seterusnya. Pemikiran beliau selalu menyenangkan," ucapnya.

Ganjar mengingat pertemuan terakhirnya dengan Buya Syafii Maarif. Saat itu, Ganjar menjenguk Buya di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping.

Saat itu lanjut Ganjar, kondisi Buya Syafii Maarif terlihat sangat semangat. Meski sakit dan dibantu alat pernapasan, namun tak terlihat wajah kesakitan.

"Beliau cerita dengan semangat dan meski saya tahu beliau kesakitan, tapi semangatnya luar biasa. Sebelum pulang, Buya minta foto dengan saya. Dan foto itulah yang sekarang saya simpan," pungkasnya.

Sekedar diketahui, Buya Syafii Maarif meninggal dunia pada Jumat (27/5) di RS PKU Muhammadiyah Gamping Jogjakarta. Buya Syafii meninggal setelah sempat dirawat di rumah sakit itu akibat serangan jantung. Meski sempat keluar rumah sakit, namun Buya kembali dirawat hingga dikabarkan meningal dunia hari ini.