Baznas Kampar Salurkan Rp122,5 Juta untuk 350 Marbot Masjid
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kampar melalui program Kampar Taqwa tahun 2022 menyerahkan zakat bantuan kepada marbot masjid sebesar Rp122.500.000

Bagikan:

PEKANBARU - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kampar melalui program Kampar Taqwa tahun 2022 menyerahkan zakat bantuan kepada marbot masjid sebesar Rp122.500.000 untuk 350 orang se-Kabupaten Kampar, Riau.

"Bantuan Baznas Kabupaten Kampar untuk 350 marbot masjid sebagai bentuk kepedulian dan memberikan semangat kepada 350 orang marbot se-Kabupaten Kampar, antara lain bertugas menjaga kebersihan dan keindahan masjid," kata Ketua Baznas Kabupaten Kampar Purwadi, dalam keterangannya di Kampar, Rabu 18 MEI.

Purwadi mengatakan, keberadaan marbot masjid sangat dihargai karena sekaligus menjadi penanggungjawab ibadah di masjid seperti mengumandangkan seruan azan dan iqamah pada setiap waktu shalat lima waktu dan lainnya.

Ia mengatakan, marbot juga bertugas sebagai imam pengganti apabila imam rawatib berhalangan/uzur, membantu pelaksanaan ibadah shalat, zakat, qurban, dan santunan anak yatim dan dhuafa serta menjaga kebersihan dan kerapihan masjid setiap saat.

"Keberadaan mereka penting, untuk menjaga perlengkapan dan inventaris masjid agar tetap berfungsi dengan baik, serta membersihkan pekarangan dan lingkungan masjid agar indah dan asri," katanya dikutip Antara.

Bahkan tugas mereka penting terutama melaporkan kepada Ketua Takmir atau Ketua Seksi Kemasjidan jika ada jammah/tamu yang menggunakan fasilitas masjid untuk i’tikaf atau pengajian selanjutnya membantu kelancaran kegiatan rutin jamaah dan remaja masjid di masjid demi siarnya Islam.

Purwadi merinci bantuan untuk 350 marbot di masjid se-Kabupaten Kampar diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto,berupa uang tunai Rp200.000 dan sembako senilai Rp150.000 terdiri dari beras anak daro solok 5 kg, minyak goreng 1 liter, gula 1 kg, mi instan 8 bungkus, tas merk Baznas kampar atau total Rp350.000/orang.