200 Delegasi G20 Bakal Kunjungi Desa Pelingpuran Desa Terbersih di Bali 
ILUSTRASI/ Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Desa Pelingpuran Bangli Bali/ANTARA

Bagikan:

BANGLI - Sekitar 200 orang delegasi KTT-G20 bakal berkunjung ke salah satu desa terbersih di dunia atau Desa Pelingpuran di Kabupaten Bangli, Bali pada 28 Mei 2022.

Kedatangan para delegasi ini untuk mengikuti kegiatan Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana atau Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR).

"Ada 200 orang delegasi dan kami sudah menyiapkan semuanya," kata  Manajer Desa Wisata Penglipuran I Wayan Sumiarsa saat dihubungi, Senin, 16 Mei.

Untuk menyambut delegasi itu pihaknya diminta untuk mempersiapkan atraksi budaya serta eksplorasi desa. Untuk sarana prasarana, pihak pengelola sudah memperbaiki toilet yang kini bertaraf internasional dan segala fasilitas protokol kesehatan (prokes) di Penglipuran.

"Untuk prokes kami sudah menyediakan hand sanitizer di setiap rumah penduduk masuk dan setiap area obyek wisata sudah ada tempat cuci tangan itu," ujarnya.

Desa Pelingpuran terpilih karena selama ini desa itu memiliki daya tarik  berbasis masyarakat dan menonjolkan kebudayaan dan tradisi. Delegasi bakal dijelaskan konsep menjaga lingkungan desa.

"Kebetulan kami di Bali adalah salah satu desa yang masih kental menjaga tradisi dan budaya itulah yang mereka ingin lihat. Mereka ingin mempelajari dan melihat secara langsung kenapa Pelingpuran itu bisa disebut sebagai desa terbersih dan apa sih cara-cara warga kami lakukan di sini sehingga mereka bisa menjaga desa ini tetap bersih," papar Sumiarsa.