Jelang Libur Nasional Waisak, 67 Ribu Orang Lakukan Perjalanan Menggunakan Kereta Api
Ilustrasi-Penumpang Kereta Api (Foto: M Jehan/ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 67 ribu penumpang melakukan perjalanan kereta api melalui Stasiun Senen dan Stasiun Gambar, Jakarta, jelang libur nasional hari raya Waisak. 

"Adanya momen libur nasional Hari Raya Waisak secara total sejak tanggal 13-15 Mei 2022 terdapat sekitar 67 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen," kata Kepala Humas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangannya, Minggu, 15 Mei.

Selain keberangkatan, tambah Eva, arus balik melalui dua stasiun yang sama hingga saat ini masih cukup tinggi. Sejak 4-15 Mei terdapat 448.800 pengguna tiba di Area Daop 1 Jakarta.

Eva memastikan puluhan ribu penumpang yang berangkat atau tiba di tempatnya telah memenuhi syarat yang ditetapkan pemerintah.

Kendati demikian, dia mengingatkan kembali kepada pengguna jasa KAJJ yang akan berangkat agar memperhatikan kembali persayaratan perjalanan KA untuk menghindari resiko batal berangkat karena tidak memenuhi persyaratan.

Berikut persyaratan lengkap perjalanan dengan KA yang berlaku sesuai dengan SE Kemenhub No 49 Tahun 2022:

1. Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening COVID-19

2. Vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam

3. Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam

4. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam

5. Pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.

6. Pelanggan berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.