Tanggapi Demokrat yang Buka Ruang Koalisi, Golkar: Belum Ada Keputusan Apapun
Airlangga Hartarto dan AHY bertemu/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Politikus Partai Golkar Dave Akbarshah Fikarno atau Dave Laksono, mengatakan partainya masih terus melakukan pemetaan dan diskusi internal terkait pembentukan koalisi menghadapi Pemilu Serentak 2024.

Anggota DPR Fraksi Golkar itu menuturkan, hingga saat ini belum ada keputusan apapun terkait koalisi yang akan dijalin partai beringin.

"(Partai Golkar) belum memutuskan apa-apa," ujar Dave Laksono kepada wartawan, Rabu, 11 Mei. 

Menanggapi pertemuan antara Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Dave menilai hal itu wajar. Apalagi, kata dia, silaturahmi masih dalam suasana Idulfitri. 

"Pertemuan itu silahturahmi setelah lebaran, hanya menjalin hubungan baik saja," katanya.

Meski demikian, menurut Dave, penafsiran koalisi pasca pertemuan tersebut adalah lumrah. Namun, sekali lagi Dave menekankan bahwa belum ada pembahasan terkait koalisi dengan partai manapun, termasuk Demokrat. 

Kata Dave, Partai Golkar masih dan sangat membuka pintu diskusi serta koalisi dengan partai politik manapun.

"Belum ada pembahasan apapun mengarah ke sana. Golkar masih terbuka diskusi dan untuk komunikasi dengan semua," pungkasnya.

Sebelumnya, Partai Demokrat mengaku membuka ruang untuk berkoalisi dengan partai manapun pada Pemilu 2024 mendatang, termasuk dengan Partai Golkar. 

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, mengatakan sejak dulu hingga sekarang partainya tidak punya masalah apapun dengan partai beringin.

“Partai Demokrat tak punya kendala dan beban untuk bekerjasama dengan partai manapun, apalagi dengan Partai Golkar yang telah memiliki rekam jejak kerjasama yang baik dengan Partai Demokrat,” ujar Kamhar kepada wartawan, Rabu, 11 Mei.